Fungsi Hormon Estrogen Terhadap Kehamilan

Hormon Estrogen merupakan satu kelompk senyawa steroid yang memiliki fungsi sebagai hormon seks pada wanita. Hormon estrogen juga ada di dalam tubuh pria, akan tetapi kandungan yang ada di dalam tubuh wanita jauh lebih banyak terutama ketika usia subur.

Estrogen adalam hormon yang menyebabkan perkembangan serta mampu mempertahankan pertanda kelamin sekunder pada wanita, seperti payudara, bahkan terlibat di dalam penebalan endometrium ataupun dalam pengaturan siklus menstruasi.

hormon estrogen

Perlu Anda ketahui, bahwa dalam satu hari seoarng wanita atau ibu hamil mampu memproduksi estrogen dalam jumlah yang lebih banyakn jika di bandingkan dengan seorang wanita yang normal atau tidak dalam keadaan hamil. Dan berikut ini, ada beberapa fungsi hormon estrogen yang terjadi terhadap kehamilan yang harus Anda ketahui dengan pasti, yaitu sebagai berikut:

  1. Estrogen bisa membantu dalam meningkatkan aliran darah, dengan cara meningkatkan jumlah atau bahkan ukuran pembuluh darah yang terus memasok rahim. Dan hal ini akan menjamin janin yang ada di dalam kandungan bisa tumbuh dengan baik, dan bisa memperoleh cukup banyak nutrisi. Dan pada kenyataannya, aliran darah yang memang terus mengalir kea rah rahim sepuluh kali lebih banyak mengalir selama awal kehamilan sampai akhir masa kehamilan.
  2. Bukan hanya bisa membantu mempertebal bagian dinding rahim yang berfungsi untuk mempersiapkan implantasi, estrogen ini juga mampu memainkan sebuah peran penting guna meningkatkan ukuran rahim secara keseluruhan. Hal ini di lakukannya dengan cara meningkatkan sejumlah ukuran sel yang ada di dalam rahim, sehingga hal ini menjadikan rahim mampu meregang guna mengakomodasi janin yang tengah tumbuh di dalam kandungan.
  3. Estrogen juga mampu membantu dalam meningkatkan jumlah sel darah putih yang adab di dalam darah, dengan begitu estrogen ini juga mampu meningkatkan fungsi imun. Hal ini sangatlah bermanfaat, dikarenakan masa kehamilan merupakan suatu kondisi imun yang tengah tertekan, padahal ibu hamil masih membutuhkannya untuk melindungi janin dari infeksi. Sejumlah sel darah putih yang terus meningkat ini akan terus bergerak bersamaan sejumlah faktor yang terjadi pada pembekuan darah.
  4. Estrogen juga memiliki fungsi untuk memperkecil kemungkinan terjadinya resiko pendaharan yang terjadi pada rahim juga plasenta, yang memang memiliki banyak pembuluh darah, dengan begitu hal ini juga bisa memperkecil kemungkinan tidak memasok nutrisi kepada bayi yang ada di dalam kandungan, juga mengurangi terjadinya pendarahan ketika proses persalinan berlangsung. Namun sisi negative dari kemitraan ini yaitu, dapat meningkatkan peluang guna terbentuknya sejumlah gumpalan darah di bagian kedua tungkai kakai ibu hamil serta di berbagai tempat lainnya.

Nah, itulah beberapa fungsi dari hormon estrogen yang harus benar-benar di pahami oleh ibu hamil. Semoga artikel yang kami posting kali ini bisa memberikan pengetahuan yang luas bagi ibu hamil terkait persoalan kehamilan.

Related Posts

Share This