Finger Food Untuk Melatih Bayi Makan Sendiri

Finger food merupakan istilah untuk makanan yang bisa di genggam oleh bayi. Tujuan dari memberikan finger food yaitu untuk melatih kemampuan makan bayi. Ketika memasuki usia 10 bulan bayi sudah memiliki keterampilan motorik halus seperti keterampilan memegang makanan. Untuk menunjang kemampuan tersebut, memberikan makanan yang bisa di genggam oleh bayi (finger food) merupakan salah satu cara terbaik.

Pada tahap awal mungkin bayi akan kesulitan untuk menghabisakan makanan yang Anda berikan. Akan tetapi tidak perlu khawatir karena hal tersebut sebagai awal pembelajaran bagi bayi untuk belajar makan sendiri. Untuk memudahkan bayi dalam belajar makan sendiri, Anda sebaiknya memberikan jenis makanan yang berukuran kecil sehingga bayi akan lebih mudah untuk menggenggam makanan tersebut.

Melatih Bayi Makan Sendiri

Langkah-Langkah Untuk Memilih Finger Food Bagi Bayi

Jenis makanan yang diberikan bertekstur lembut dan mudah lumer di mulut. Pada tahap awal pemberian finger food untuk bayi sebaiknya Anda memilih jenis makanan yang mudah lumer di mulut. Jenis makanan yang bisa Anda berikan untuk bayi yaitu buah pepaya atau semangka. Selain itu, Anda juga bisa memberikan makanan berupa sayuran yang dimasak dengan tekstur lembek dan mudah diemut oleh bayi seperti kentang.

Menyajikan finger food disesuaikan dengan tekstur makanan. Dalam menyajikan finger food untuk bayi, Anda harus menyesuaikan potongan dengan tekstur dari makanan tersebut. Hal ini untuk memudahkan bayi dalam memegang makanan dan mengunyah makanan.

Mengajarkan pola makan keluarga pada bayi. Langkah selanjutnya untuk memperkenalkan finger food pada bayi yaitu dengan mengajak bayi untuk makan bersama. Anda bisa memperkenalkan beberapa jenis makanan yang bisa di genggam oleh bayi. Perkenalkan finger food mulai dari makanan yang bertekstur halus samapai yang bertekstur kasar. Cara ini akan memudahkan bayi untuk beradaptasi dengan makanan padat sehingga bayi akan lebih mudah untuk belajar makan sendiri.

Jangan memberikan makanan yang bisa membuat bayi tersedak. Pada waktu mengajarkan makan pada bayi, Anda harus memilih jenis makanan yang tidak akan menimbulkan masalah bagi bayi. Anda harus memberikan makanan yang akan membuat bayi nyaman dan tidak menyebabkan tersedak. Tidak dianjurkan untuk memberikan jenis makanan seperti kacang-kacangan, buah-buahan yang bertekstur keras, sayuran mentah, keripik, permen yang bertekstur keras, potongan daging dan biji-bijian. Makanan tersebut bisa menyebabkan bayi tersedak sehingga akan mengganggu kenyamanan dan kesehatan bayi.

Jangan memberikan makanan yang tidak sehat. Untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan bayi sebaiknya Anda memberikan jenis makanan yang bergizi dan jangan memberikan makanan yang tidak sehat pada bayi seperti permen dan jenis snack. Makanan tersebut tidak sehat untuk bayi yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Mengenalkan finger food pada bayi harus dilakukan secara perlahan dan jangan memaksa bayi untuk menghabiskan makanan. Kesabaran dan peran Anda sebagai orangtua sangat dibutuhkan untuk mengarahkan bayi supaya memiliki kemampuan untuk bisa makan sendiri.

Related Posts

Share This