Faktor Yang Menyebabkan Bayi Sering Menangis Dan Gelisah

Bayi yang sering menangis dan terlihat gelisah terkadang membuat para orangtua menjadi khawatir dan kebingungan, apalagi bagi pasangan suami istri yang baru pertama kali mempunyai anak. Tangisan merupakan salah satu bentuk isyarat dari kondisi tidak nyaman yang sedang dirasakan oleh bayi. Banyak hal yang bisa menyebabkan bayi menjadi gelisah dan rewel. Dalam hal ini anda sebagai orangtua harus peka dan mengerti dengan isyarat yang ditunjukan oleh bayi. Apabila mengetahui penyebab utamanya maka akan sangat memudahkan untuk menangani bayi yang sering gelisah dan menangis.

Faktor Yang Menyebabkan Bayi Sering Menangis Dan Gelisah

Faktor-Faktor Yang Sering Menyebabkan Bayi Menjadi Gelisah Dan Rewel Adalah Sebagai Berikut

Bayi kelelahan

Salah satu faktor yang menyebabkan bayi menjadi gelisah dan sering menangis yaitu kelelahan. Biasanya bayi akan merasa kelelahan setelah seharian diajak bermain atau bayi yang aktif bergerak. Bayi yang merasa lelah akan terlihat gelisah, sering menguap dan terus menangis. Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa menenangkan bayi dengan cara menciptakan suasana ruangan yang tenang serta tidak bising sehingga bayi bisa tidur dan beristirahat.

Bayi merasa lapar

Penyebab bayi sering menangis yang selanjutnya yaitu karena lapar. Bayi akan menjadi sangat rewel dan terus menangis ketika merasa lapar. Selain itu, biasanya bayi akan memberikan isyarat dengan mulutnya yang membuka dan menutup disertai dengan mengisap jari. Untuk mengatasi kondisi tersebut sebaiknya anda segera memberikan makanan untuk bayi berupa ASI ataupun makanan pendamping ASI. Apabila kebutuhan makan tersebut sudah terpenuhi biasanya bayi akan kembali merasa tenang dan tidak rewel.

Kesehatan terganggu (sakit)

Kondisi kesehatan bayi merupakan salah satu faktor yang menyebabkan bayi terlihat gelisah dan terus menangis. Bayi yang sakit akan menunjukan gejala seperti perubahan suhu tubuh, menangis terus menerus dan tidak mau makan. Apabila kondisi tersebut terjadi pada bayi, maka sebaiknya bawa ke dokter untuk mendapat penanganan yang benar supaya tidak semakin parah.

Baca Juga:  Pilihan Menu Makanan Untuk Bayi 6 Bulan Pertama
Perubahan suhu

Bayi belum bisa beradaptasi dengan perubahan suhu yang terjadi sehingga hal tersebut menyebabkan bayi merasa tidak nyaman. Kondisi suhu yang terlalu panas akan membuat bayi merasa gerah dan berkeringat sehingga mengakibatkan bayi menjadi rewel dan terus menangis.  Maka dari itu ketika bayi gelisah dan terus menangis sebaiknya anda memeriksa suhu tubuhnya dan segera membuka selimut atau bajunya ketika bayi kepanasan. Selain itu, anda juga bisa mengatur suhu ruangan supaya bayi merasa nyaman dan tidak kepanasan.

Pertumbuhan gigi

Bayi akan menjadi rewel ketika pertama kali tumbuh gigi. Rasa sakit dan gusi yang membengkak akan membuat bayi tidak nyaman. Mengatasi hal tersebut, anda bisa memberi bayi makanan yang bisa meredakan rasa sakit ketika tumbuh gigi atau memberikan mainan gigit yang aman.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517