Faktor Yang Dapat Menyebabkan Wanita Sulit Hamil

Infertilitas Pada Wanita

Bagi kebanyakan orang, mempunyai keturunan merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah pernikahan. Sehingga banyak yang tidak sabar menunggu kehamilan setelah mereka menikah. Kehamilan merupakan sesuatu yang sangat di nantikan oleh pasangan suami isteri setelah menikah. Dengan terjadinya kehamilan menandakan bahwa pasangan suami isteri mempunyai tingkat kesuburan yang tinggi serta tidak ada masalah dalam kesehatannya. Akan tetapi tidak semua pasangan suami isteri bisa mendapatkan keturunan. Banyak keluarga yang merasa kecewa karena tak kunjung mendapatkan keturunan setelah sekian lama menikah. Keadaan ketika pasangan suami isteri sulit untuk mendapatkan keturunan disebut dengan infertilitas.

Faktor Wanita Sulit Hamil

8 Faktor Yang Harus Diketahui Yang Dapat Menyebabkan Wanita Sulit Hamil

  • PCOS (Polystic Ovarium Syndrome) merupakan sebuah keadaan adanya sel abnormal pada ovarium polikistik, sehingga mengakibatkan terjadinya produksi hormon androgen yang berpengaruh pada infertilitas wanita. PCOS bisa disebabkan oleh turunan/genetik atau bisa juga diakibatkan oleh tingginya produksi hormon insulin dalam darah. Apabila sudah mencapai pada stadium yang sangat berbahaya maka akan menyebabkan wanita tidak akan mengalami haid setiap bulannya.
  • Menopause dini terjadi akibat ovarium tidak mampu lagi memproduksi sel telur, hal ini diakibatkan karena folikel didalam ovarium sudah habis. Wanita yang mengalami menopause dini akan terhenti siklus haidnya.
  • Kerusakan pada saluran telur bisa diakibatkan oleh adanya penyumbatan yang diakibatkan oleh peradangan pada saluran tuba, sehingga perjalan sel telur akan terhenti sebelum bertemu dengan sel sperma yang pada akhirnya akan mengakibatkan infertilitas pada wanita.
  • Kerusakan pada ovarium bisa disebabkan akibat operasi pembedahan kista pada ovarium, operasi pada ovarium ini akan mematikan folikel yang sangat dibutuhkan oleh ovarium untuk menghasilkan sel telur, sehingga dapat menghambat proses ovulasi di dalam rahim.
  • Gangguan pada kelenjar tiroid disebabkan karena adanya kelenjar tiroid yang abnormal, hal ini bisa terjadi karena tiroid yang terlalu aktif dan tiroid yang kurang aktif yang menyebabkan berkurangnya kesuburan pada wanita.
  • Endrometriosis merupakan keadaan jaringan rahim tumbuh tidak pada tempat yang seharusnya, yaitu jaringan rahim tumbuh menempel di luar rahim atau di luar rongga rahim. Hal ini akan menyebabkan sel sperma sulit untuk mencapai sel telur karena tersumbat oleh jaringan endometrium. Jika Endrometriosis ini menjalar sampai ke otak dan paru-paru maka akan menyebabkan pengempisan paru-paru dan akan mengalami kejang setiap kali haid.
  • Pola hidup yang kurang sehat ataupun konsumsi obat-obatan akan berpengaruh sekali pada tingkat kesuburan, seperti mengonsumsi alkohol atau merokok serta banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kadar lemak tidak sehat. Hal ini sangat berpengaruh sekali pada tingkat kesuburan jika dikonsumsi secara berlebihan.
  • Myom merupakan penyakit yang hampir sama dengan kista, myom merupakan tumor jinak yang tumbuh pada jaringan fibrosa di daerah rahim wanita, dalam istilah kedokteran myom disebut sebagai tumor dinding rahim. Myom bisa tumbuh tidak hanya satu saja, akan tetapi bisa tumbuh banyak pada dinding rahim. Ukuran myom sangat kecil sekali sehingga kebanyakan wanita tidak menyadari adanya myom pada rahim mereka. Myom dapat menyebabkan seorang wanita menjadi tidak subur karena myom menutup jalannya sperma menuju sel telur jika myom muncul pada saluran rahim atau pada tuba falopi.
  • Adhesi pelvis adalah jaringan parut yang dapat mengganggu kesuburan pada wanita, adhesi pelvis terbentuk karena operasi usus buntu ataupun operasi panggul. Adhesi pelvis dapat mengubah saluran tuba sehingga sel telur sulit untuk keluar melalui saluran tersebut.

Banyak faktor lainnya yang dapat mempengaruhi atau menyebabkan wanita sulit untuk hamil, akan tetapi beberapa hal diatas bisa menjadi salah satu penyebab seorang wanita sulit untuk hamil dan mendapatkan keturunan. Disamping itu tentu saja ada solusi untuk seorang wanita agar bisa hamil , yang terpenting adalah berusaha dan berdo’a serta bertanya dan melakukan konsultasi dengan dokter yang ahli dalam masalah tersebut.

Related Posts

Add Comment

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517