Faktor Utama Penyebab Jerawat Batu yang Wajib Anda Ketahui

Jerawat batu merupakan salah satu jenis jerawat yang memiliki ukuran cukup besar, yang umumnya muncul dari bawah permukaan kulit yang lebih dalam. Selain itu, jerawat batu juga kerap kali disertai dengan rasa sakit ketika jerawat tersebut tersentuh, bahkan jerawat batu cenderung akan meninggalkan bekas yang menyerupai luka parut atau bopeng setelahnya.

Jika bekas jerawat seperti noda hitam atau bahkan flek hitam masih bisa di atasi dengan menggunakan krim wajah, beda halnya dengan luka parut atau bopeng yang sangat sulit untuk di atasi. Bahkan jika bisa di atasi, maka bekas jerawat ini tidak akan bisa 100% kembali seperti sedia kala.

Nah, jika sudah seperti itu, maka sebaiknya kita dapat mencegah jerawat batu tersebut muncul di permukaan kulit kita yang cantik. Dan untuk mencegah jerawat batu tersebut, maka setidaknya kita harus memahami dan mengetahui penyebab jerawat batu agar kita bisa menghindarinya, yaitu sebagai berikut:

  1. Faktor Genetik/ Keturunan

Salah satu faktor penyebab jerawat batu yaitu faktor keturunan. Itu artinya, ada salah satu orangtua atau keluarga Anda yang memang memiliki riwayat yang sama.

  1. Faktor Hormonal

Bukan hanya itu, adanya perubahan hormon juga mampu merangsang produksi minyak yang berlebih, yang muncul jauh lebih banyak dari biasanya, dan hal ini mampu memicu munculnya jerawat batu. Bukan hanya perubahan hormonal yang biasa ketika menstruasi, namun ketika masa kehamilan, mengkonsumsi pil KB, dan juga stress bisa menjadi penyebab utama munculnya jerawat batu.

  1. Gaya Hidup

Makanan atau bahkan minuman yang Anda konsumsi juga mampu memberikan pengaruh terhadap kondisi kulit Anda. Anda dianjurkan untuk menghindari mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak serta karbohidrat yang banyak, karena hal tersebut mampu memicu munculnya jerawat batu.

  1. Kosmetik

Anda juga harus berhati-hati dalam memilih kosmetik yang akan Anda gunakan, karena penggunaan kosmetik yang tidak tepat, terutama yang memiliki kandungan bahan kimia, jika di gunakan secara terus-menerus bisa menimbulkan jerawat batu. Bukan hanya itu, kandungan tersebut juga sangat berbahaya untuk kesehatan kulit.

Bagi kondisi kulit yang berminyak juga berjerawat, penggunaan kosmetik yang memang berbahan dasar minyaj juga merupakan hal yang salah, karena bisa menyumbat pori-pori yang nantinya bisa membuat kulit Anda menjadi berminyak, sehingga bisa menyebabkan munculnya jerawat.

  1. Kebersihan Kulit Wajah

Anda jangan pernah menyepelekan kebersihan wajah Anda. Bahkan Anda dianjurkan untuk membersihkan wajah Anda dua kali dalam satu hari, bukan hanya bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati, namun juga mengangkat keringat, bakteri, minyak, debu, serta polusi yang menempel di wajah Anda, yang memang bisa menyebabkan munculnya jerawat.

Related Posts

Share This