Faktor Utama Penyebab Anak Autis

Sebenarnya, untuk saat ini penyebab anak auitis masih belum diketahui dengan jelas oleh para ahli. Ada sekitar 85% anak yang menderita penyakit autisme yang memang tidak diketahui dengan pasti penyebab anak autisme tersebut. Akan tetapi, data penelitian menyebutkan bahwa faktor genetik serta faktor dari lingkunganlah yang memang memiliki peranan yang sangat penting penyebab anak autis.

penyebab anak autis

Anak autis adalah kelainan yang terjadi pada perkembangan sistem saraf yang terjadi pada seoarng anak yang memang banyak diakibatkan oleh beberapa faktor seperti faktor hereditas, penyebab anak autis ini terkadang bisa di deteksi sejak anak berusia 6 bulan. Dan berikut ini data mengenai penyebab anak autis yang telah berhasil di data oleh sebagian para ahli, yaitu sebagai berikut;

Faktor genetik (keturunan)

Para ahli telah mencurigai bahwa salah satu faktor utama terjadinya autisme pada anak yaitu faktor genetic atau faktor keturunan yang disebabkan karena adanya peningkatan resiko autism pada anak jika anak tersebut memiliki saudara atau keluarga yang memiliki penyakit autis.

Biasanya penyebab autism anak terjadi ketika adanya kembar identic dengan genetic yang sama, jika salah satu anak memiliki penyakit autis, maka 9 dari 10 kasusu telah menunjukkan bahwa kembaran dari anak tersebut juga akan menderita penyakit yang sama. Dan jika seorang anak menderita penyakit autism, maka saudara yang lainnya akan memiliki resiko terkena penyakit autism yang jauh lebih tinggi.

Akan tetapi, adanya faktor genetik secara spesifik yang memang merupakan penyebab terjadinya autism masih belum di ketahui dengan pasti sampai saat ini. Beberapa gen sepertinya terlibat secara langsung sebagai penyebab autis, namun sebagian lainnya mungkin dapat mempengaruhi perkembangan otaknya, dan sebagian lainnya mampu mempengaruhi tingkat keparahan terhadap gejalanya.

Faktor lingkungan

Perlu di ketahui, segala sesuatu yang ada di luar tubuh mampu mempengaruhi kesehatan anak. Ada beberapa faktor lingkungan yang memang di duga memiliki kaitan dengan penyakit autis pada anak, yaitu kondisi serta sejarah kesehatan dari keluarga, usia ayah, polusi lingkungan, infeksi virus, serta adanya komplikasi saat terjadinya kehamilan serta persalinan.

Walaupun penyebab autis terhadap anak masih belum di ketahui dengan pasti, namun terdapat beberapa faktor yang memang banyak terbuktikan yang berkaitan dengan kasus autism.

Perlu di ketahui, bahwa penelitian mengenai sejumlah faktor terkait penyebab anak autis ini masih terus berlanjut, sehingga kepastian hubungan faktor-faktor tersebut dengan resiko autism masih bisa berubah-ubah. Dan salah satu faktor yang memang kerap d sebut sebagai penyebab utama autisme yaitu vaksin. Apakah hal ini benar atau hanya sekedar gossip belaka? Sampai saat ini, tidak ada satupun penelitian yang menunjukkan bahwa adanya kaitan antara vaksin dengan penyebab autism.

Related Posts

Share This