Faktor Penyebab Sulit Tidur Yang Perlu Anda Ketahui

Tidur merupakan salah satu cara untuk mengistirahatkan seluruh anggota badan setelah beraktivitas. Hal ini sangat penting untuk mengembalikan kebugaran tubuh esok hari menghadapi aktivitas selanjutnya. Kualitas tidur akan berdampak terhadap kesehatan tubuh dan semangat di esok hari. Jika Anda tidak memiliki kualitas tidur yang baik maka kemungkinan akan mengalami berbagai masalah kesehatan seperti mudah lelah atau peningkatan berat badan tak terkontrol. Untuk mengatasinya maka perlu diketahui terlebih dahulu faktor penyebab sulit tidur.

Sulit tidur pada malam hari bisa disebabkan oleh banyak hal, baik itu yang berkaitan dengan kondisi fisik ataupun psikis. Bahkan kesulitan tidur juga bisa dipicu oleh faktor makanan dan beberapa kebiasaan yang memicu Anda menjadi stres. Hal ini tentunya sangat penting untuk diketahui sehingga Anda bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik sepanjang malam.

Berikut Beberapa Penyebab Sulit Tidur

Makan Terlalu Banyak

Bagi Anda oyang memiliki kebiasaan makan banyak sebelum tidur, sebaiknya menghindari hal tersebut. Sebab ketika perut dalam keadaan penuh terisi oleh makanan maka hal ini akan memicu Anda mendapatkan kualitas tidur yang buruk. Mengapa bisa demikian? Hal ini karena lambung yang terisi penuh oleh makanan membutuhkan waktu untuk mencerna serta memproses makanan. Disamping itu, perut yang terisi penuh akan membuat Anda merasa tidak nyaman dalam menentukan posisi yang tepat.

Lapar

Selain kondisi perut yang terlalu penuh, perut yang kosong/kelaparan juga bisa menjadi salah satu pemicu Anda sulit mendapatkan kualitas tidur yang baik. Hal ini biasanya lebih sering terjadi pada wanita yang sedang menjalani program diet. Kondisi perut yang kosong akan membuat Anda sering terbangun di malam hari. Hal ini tentunya akan berdampak terhadap kebugaran tubuh di esok hari. Maka dari itu, sebisa mungkin penuhi kebutuhan makanan beberapa jam sebelum Anda tidur dengan porsi dan kandungan nutrisi yang seimbang.

Baca Juga:  Waspadai Penyebab dan Gejala Kanker Tenggorokan

Kurang Olahraga

Kurang aktif bergerak bisa menjadi salah satu pemicu Anda tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik. Kondisi ini berkaitan dengan keadaan otot Anda yang merasa stres akibat kurang berolahraga. Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, cobalah untuk melakukan olahraga secara rutin seperti jogging atau bersepeda sore.

Stres

Padatnya kegiatan dan pekerjaan di siang hari kerap kali menyebabkan pikiran menjadi stres. Banyak hal yang Anda pikirkan akan mengganggu ketenangan sehingga kualitas tidur terganggu. Nah, maka dari itu sebelum Anda tidur cobalah untuk melakukan relaksasi seperti mandi air hangat, gunakan aromaterapi dan putar lagu dengan nada yang lembut. Dengan begitu maka pikiran Anda akan lebih tenang dan bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui seputar faktor penyebab sulit tidur. Semoga bermanfaat dan Anda bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik sepanjang malam.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517