Faktor Penyebab Munculnya Tanda Lahir Pada Bayi

Ada sebagian anak yang terlahir memiliki tanda lahir di bagian tubuhnya. Ukuran tanda lahir yang muncul diatas permukaan kulit tentunya bervariasi, ada yang terlihat dengan jelas da nada juga yang berukuran kecil.

Pada umumnya tanda lahir berwarna hitam dan hal ini tidak membahayakan kesehatan. Lalu apa sebenarnya faktor penyebab bayi memiliki tanda lahir? Ada sebagian masyarakata yang memiliki kepercayaan bahwa tanda lahir muncul akibat melihat gerhana matahari pada waktu mengandung. Bahkan sebagian masyarakat beranggapan bahwa tanda lahir muncul akibat semasa ngidam kemauan ibu hamil tidak terpenuhi.

Spekulasi dan kepercayaan masyarakat tentunya tidak bisa sepenuhnya jadi acuan tentang adanya tanda lahir pada bayi. Hingga kini penyebab adanya tanda lahir belum sepenuhnya bisa dipastikan. Jika ditinjau dari segi medis, kemunculan tanda lahir bisa disebabkan oleh adanya pembuluh darah yang terkumpul dan tidak tumbuh secara normal.

Disisi lain tanda lahir muncul karena adanya pigmen tambahan pada kulit, namun hanya dibagian tertentu saja. Nah, terlepas dari penyeb timbulnya tanda lahir, alangkah lebih baiknya jika kita mengetahui pengelompokan dari jenis tanda lahir.

Tanda Lahir Vaskular

Faktor penyebab timbulnya tanda lahir vascular yaitu oleh pembuluh darah yang abnormal pada bagian bawah kulit. Nah, bercak yang timbul tersebut biasanya berwarna merah muda, ungu, dan biru. Biasanya akan muncul pada bagian wajah, kepala dan leher.

Tanda Stroberi

Secara medis disebut dengan hemangioma infantil. Tanda lahir jenis ini muncul pada bayi berbentuk seperti buah stroberi. Akan tetapi jika menyerang bagian bawah kulit yang lebih dalam maka bercak tersebut akan berwarna ungu dan biru.

Bercak tersebut akan membesar ketika enam bulan pertama dan menghilang setelah berusia tujuh tahun. Kondisi ini tidak membahayakan sehingga tidak perlu dikhawatirkan.

Noda Anggur

Bercak ini biasanya akan muncul sejak bayi dilahirkan dan berwarna kemerah-merahan. Lama kelamaan akan berubah menjadi keungu-unguan. Biasanya muncul pada salah satu bagian tubuh seperti wajah, punggung dan dada.

Bercak noda anggur ini berpotensi membesar dan bersifat permanen seiring dengar tumbuh kembang si kecil.

Ciuman Malaikat

Dari namanya terdengar unik ya, biasanya tanda ini juga disebut dengan gigitan bangau, salmon patch dan noda macular. Kemunculannya akan ditandai dengan bercak tipis berwarna merah muda pada kulit. Biasanya cenderung muncul dibadian  kelopak mata atas, alis, belakang leher dan bibir atas.

Tanda ciuman malaikat akan menghilang dengan sendirinya tanpa memerlukan perawatan. Akan tetapi jika tanda ini muncul pada bagian dahi maka memerlukan waktu yang cukup lama untuk proses memudarnya, yaitu sekitar 4 tahun.

Tanda Lahir Berpigmen

Munculnya tanda lahir ini merupakan bentuk dari adanya kelompok sel berpigmen di kulit. Bercak yang timbul tersebut berwarna cokelat. Tanda ini dibagi kedalam beberapa kelompok, yaitu sebagai berikut:

Tahi Lalat Besar

Tahi lalat yang berwarna hitam atau cokelat ini akan terlihat sejak dari si bayi terlahir. Ukurannya berkisar antara 1.5 hingga 2.0 cm. Namun tidak perlu khawatir sebab tanda tersebut akan mengecil seiring dengan perkembangan anak.

Bintik Mongolia

Terlihat berwarna keabuan seperti memar. Biasanya tanda ini menyerang pada bayi dengan kulit yang sedikit gelap. Muncul pada bagian bokong dan punggung bawah. Akan tetapi bisa juga pada bagian tubuh lainnya.

Noda Kopi

Adanya noda kopi pada bayi yang baru dilahirkan tidak perlu dikhawatirkan, sebab tanda ini akan memudar seiring dengan pertumbuhannya.

Nah, demikian beberapa jenis tanda lahir dan penyebab kemunculannya. Tidak perlu khawatir sebab tidak membahayakan dan akan hilang seiring bertambahnya usia anak. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517