Faktor Penyebab Mudah Lapar Yang Harus Anda Ketahui!

Pernahkah Anda merasa cepat lapar padahal baru saja menyantap makanan? Anda tidak perlu khawatir karena banyak orang yang mengalami kondisi tersebut. Bahkan pada beberapa kasus setelah menyantap makan siang atau sarapan pagi, akan tetapi beberapa saat setelah itu kembali merasa lapar. Dalam hal ini penting sekali untuk menelusuri dan mengetahui faktor penyebab mudah lapar sehingga bisa diatasi dengan cara yang benar.

Nafsu makan terkadang tidak terkendali sehingga Anda merasa ingin menyantap seluruh makanan. Nafsu makan yang besar ini terkadang datang tanpa alasan yang jelas sehingga penyebabnya perlu ditelusuri. Jika terus-terusan dibiarkan maka tidak baik untuk kesehatan dan bisa menimbulkan dampak negatif.

Berikut Faktor Penyebab Mudah Lapar

Salah Memilih Makanan Saat Sarapan

Seperti yang kita ketahui bahwa sarapan merupakan waktu makan yang paling penting sebelum memulai aktivitas harian. Momen tersebut tidak boleh dirusak. Jika Anda mengkonsumsi makanan yang salah dipagi hari maka hal ini akan mempernagruhi aktivitas harian. Dalam sebuah studi menyebutkan bahwa makanan yang mengandung protein sangat penting untuk dikonsumsi ketika sarapan. Orang yang mengkonsumsi protein ketika sarapan cenderung akan bisa mengontrol pola makan seharian sehingga tiak akan telalu banyak ngemil. Jika asupan protein kurang maka akan menyebabkan Anda mudah lapar sehingga nafsu makan tidak terkontrol.

Kurang Tidur

Penyebab selanjutnya yaitu kurang istirahat pada malam hari. Perlu Anda ketahui bahwa kurang tidur akan meningkatkan kinerja hormone ghrelin yang bisa memicu mudah lapar. Kondisi ini tentunya akan berdampak buruk terhadap pola makan Anda. Bahkan cenderung tidak akan terkontrol sehingga hal ini meicu kenaikan berat badan berlebih. Maka dari itu perhatikan kualitas tidur yang baik pada malam hari.

Menjelang Menstruasi

Nafsu makan akan meningkat mendekati waktu menstruasi. Bagi para wanita mungkin akan merasakan lebih mudah lapar mendekati fase tersebut. Hal ini terjadi karena hormone progesteron mengalami peningkatan sehingga mempengaruhi emosi yang berdampak terhadap nafsu makan.

Stres

Stres akan memicu peningkatan detak jantung sehingga kinerja otot juga ikut meningkat. Hal ini seolah-olah mengeluarkan energi dalam jumlah yang cukup tinggi. Kondisi ini akan membuat nafsu makan meningkat secara drastis sehingga terkadang tidak bisa terkontrol. Dengan kata lain stres akan membuat Anda merasa lebih mudah lapar.

Minuman Bersoda

Kebiasaan mengkonsumsi minuman bersoda akan membuat Anda merasa mudah lapar. Hal ini karena ketika Anda mengkonsumsi soda maka secara tidak langsung otak akan menerima sinyal bahwa ada kalori yang masuk. Nah, berhubung soda non-kalori maka hal ini akan membuat Anda mencari makanan lain untuk memuaskan rasa lapar. Kondisi tersebut rentan memicu kenaikan berat badan secara tidak terkontrol. Maka dari itu, hindarilah minuman bersoda.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517