Faktor Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

Menstruasi adalah siklus bulanan yang biasa dialami oleh wanita. Pada dasarnya setiap wanita memiliki siklus mentruasi yang berbeda-beda setiap bulannya. Mentruasi terjadi akibat sel telur tidak dibuahi sehingga terjadi peluruhan dinding rahim. Pada kondisi normal, biasanya siklus menstruasi terjadi pada hari ke-21 sampai hari ke-30. Namun dalam beberapa kasus banyak wanita yang mengalami siklus menstruasi tidak teratur. Kondisi tersebut tentunya membuat wanita merasa tidak nyaman. Maka dari itu penting sekali untuk mengetahui penyebab mens telat setiap bulannya.

Penyebab menstruasi terlambat bisa dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya yaitu kondisi kesehatan fisik maupun psikis dan juga gaya hidup sehari-hari. Dalam beberapa kasus, telat menstruasi bisa menjadi salah satu tanda awal kehamilan. Namun jika menstruasi setiap bulan selalu telat maka hal ini perlu diwaspadai karena bisa saja ada gangguan pada sistem reproduksi.

Berikut Faktor Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

  • Stres

Salah satu penyebab menstruasi tidak teratur yaitu kondisi pikiran yang stres dan depresi. Perlu Anda ketahui bahwa stres bisa mengganggu kinerja hypothalamus yang merupakan tempat bernaungnya berbagai macam hormon yang berperan penting untuk mengatur siklus haid. Jika hypothalamus terganggu maka produksi hormon akan terganggu sehingga tidak seimbang yang berakibat terhadap perubahan siklus haid. Selain itu ketika Anda stres maka kelenjar adrenal akan mengeluarkan hormon kortisol sehingga  akan berpengaruh terhadap hormon progesterone dan estrogen.

  • Terjadi perubahan berat bdan secara drastis

Berat badan yang berlebih atau obesitas menjadi salah satu pemicu menstruasi tidak teratur. Disamping itu jika berat badan terlalu kurus juga akan mempengaruhi siklus mentruasi setiap bulan. Setiap wanita disarankan untuk menjaga berat badan ideal untuk menunjang proses menstruasi supaya berjalan dengan lancar.

  • Gangguan tiroid

Kelenjar tiroid berperan penting dalam menghasilkan hormon untuk proses metabolisme tubuh. Jika terjadi gangguan pada kelenjar tiroid maka akan mengakibatkan mentruasi tidak teratur. Kondisi homron tiroid yang tidak seimbang biasa disebut dengan gejal hipotiroidisme. Terjadinya ketidakseimbangan kelenjar tiroid juga bisa memicu stres dan depresi.

  • Hormon yang tidak seimbang

Penyebab lain menstruasi tidak teratur setiap bulan yaitu produksi hormon yang tidak seimbang. Jika terjadi gangguan pada otak ataupun kelenjar tiroid maka akan terjadi produksi hormon yang tidak seimbang sehingga pada akhirnya terjadi siklus menstruasi tidak teratur dan bahkan selalu telat setiap bulan.

  • Pengaruh obat kontrasepsi

Sebagian wanita terkadang menunda kehamilan dengan cara mengkonsumsi pil kontrasepsi. Namun tahukah Anda bahwa obat tersebut bisa mempengaruhi siklus menstruasi setiap bulan. Oleh karena itu sebelum Anda menggunakan alat kontrasepsi sebaiknya mempertimbangkan hal tersebut sehingga tidak akan mengganggu siklus menstruasi setiap bulan.

  • Gaya hidup yang tidak sehat

Gaya hidup yang tidak sehat menjadi salah satu pemicu mentruasi tidak teratur setiap bulannya. Kebiasaan mengkosumsi makanan cepat saji secara berlebihan, merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol adalah faktor utama yang menyebabkan siklus mentruasi terganggu. Kebiasaan tersebut bisa mempengaruhi keseimbangan hormon di dalam tubuh.

Bagi Anda yang sering mengalami siklus menstruasi tidak teratur setiap bulan, sebaiknya menerapkan gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan rutin berolahraga. Selain itu, hindari segala aktifitas yang bisa membuat pikiran Anda stres dan depresi. Dengan begitu diharapkan siklus menstruasi setiap bulan tidak akan terganggu.

Related Posts

Share This