Faktor Penyebab Kelainan Bawaan Pada Bayi Baru Lahir Yang Perlu Anda Ketahui

Setiap orangtua tentunya mendambakan seorang anak yang sehat dan terlahir dalam keadaan normal. Namun harapan tersebut terkadang tidak sepenuhnya bisa didapatkan oleh semua orang. Pada beberapa kasus, ada bayi yang terlahir dengan kelainan bawaan. Kondisi tersebut tentunya membuat orangtua merasa khawatir sehingga segala cara dilakukan untuk memberikan penanganan yang tepat bagi buah hati mereka.

Kelainan bawaan lahir pada dasarnya bisa bersifat fisik ataupun psikis. Biasanya bayi yang menderita kelainan bawaan tidak terdeteksi pada awal kelahirannya. Hal ini karena tanda-tanda dari kelainan bawaan tidak akan nampak jelas pada awal kelahiran bayi. Terkecuali jika kelainan tersebut sudah terdeteksi sejak masih dalam kandungan melalui pemeriksaan medis.

Berikut Penyebab Kelainan Bawaan Pada Bayi

Kelainan bawaan pada bayi baru lahir bisa diakibatkan oleh faktor internal dan eksternal. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa poin penting mengenai faktor penyebab kelainan bawaan pada bayi berikut ini:

  1. Faktor genetic

Salah satu faktor penyebab kelainan bawaan pada bayi baru lahir yaitu faktor genetic. Dalam hal ini faktor genetic memegang peranan yang sangat penting karena bagaimanapun hal tersebut merupakan warisan yang diturunkan oleh orangtua. Jika terdapat gen abnormal atau salah satu gen hilang dalam tubuh manusia maka hal tersebut akan menyebabkan kelainan yang bersifat fisik ataupun psikis.

  1. Hormonal

Selain faktor genetic, ternyata faktor hormonal ikut mempengaruhi dan menjadi salah satu penyebab kelainan bawaan pada bayi. Salah satu contohnya yaitu apabila dilahirkan dari seorang ibu yang menderita penyakit diabetes maka kemungkinan besar bayi akan mengalami gangguan pertumbuhan.

  1. Faktor gizi

Menurut sebuah penelitian mengemukakan bahwa kelainan bawaan pada bayi diakibatkan oleh kekurangan gizi pada waktu hamil. Kurangnya asupan makanan yang mengandung asam folat menjadi salah satu pemicu kelainan bawaan atau bayi lahir cacat. Oleh karena itu, asupan makanan yang bergizi sangat penting dan harus menjadi prioritas utama yang harus dipenuhi pada waktu hamil.

  1. Minuman beralkohol

Minuman beralkohol menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kelainan bawaan pada bayi. Jika ibu hamil mempunyai kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol maka sangat rentan melahirkan bayi yang memiliki kelainan mental dan bentuk fisik. Maka dari itu, sebisa mungkin ibu hamil harus menghindari minuman beralkohol untuk mencegah kemungkinan buruk yang akan terjadi pada bayi.

  1. Paparan asap rokok

Paparan asap rokok bisa berakibat fatal terhadap perkembangan janin. Asap rokok bisa menghambat perkembangan otak dan mengganggu sistem pernafasan bayi. Disamping itu, asap rokok juga bisa menjadi salah satu pemicu kelahiran prematur.

  1. Faktor fisik rahim

Keadaan di dalam rahim juga menjadi pemicu bayi lahir dengan kelainan bawaan. Salah satu contohnya yaitu kondisi air ketuban yang jauh dibawah normal. Air ketuban yang sedikit bisa mempengaruhi perkembangan paru-paru dan ginjal.

Dalam menjalani masa kehamilan, sangat disarankan untuk menerapkan gaya hidup sehat dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi, rutin berolahraga dan menjauhi semua hal yang bisa membahayakan perkembangan janin. Dengan begitu, kemungkinan bayi terlahir dengan kelainan bawaan bisa diminimalisir.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517