Faktor Penyebab Kaki Bengkak Setelah Melahirkan

Kaki bengkak merupakan salah satu keluhan yang sering terjadi pada ibu hamil. Kondisi tersebut tentunya membuat ibu hamil merasa tidak nyaman dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Bahkan pada beberapa kasus, ada wanita yang mengalami kaki bengkak setelah melahirkan. Hal ini tentunya mengganggu aktivitas menyusui. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir karena kondisi tersebut tidak akan membahayakan kesehatan.

Penyebab Kaki Bengkak Pasca Melahirkan

Kaki bengkak pasca melahirkan merupakan fenomena yang paling umum terjadi. Hal ini diakibatkan oleh peningkatan jumlah atau volume darah pada waktu masih hamil yang didistribusikan beberapa minggu pasca persalinan.

Penyebab kaki bengkak setelah melahirkan yang lainnya yaitu akibat dari terhambatnya aliran darah di sekitar kaki. Ibu hamil yang memiliki riwayat hipertensi pada waktu hamil atau sebelumnya maka sangat beresiko mengalami kaki bengkak setelah melahirkan.

Pada umumnya keluhan kaki bengkak pasca melahirkan akan sembuh dengan sndirinya. Namun,  tentu saja kondisi tersebut tidak boleh dibiarakan begitu saja karena bisa mengganggu kenyamanan dalam menjalani proses menyusui.

Mengatasi Kaki Bengkak Pasca Melahirkan

Ada beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan dalam mengatasi kaki bengkak pasca melahirkan. Berikut ini penjelasannya!

  1. Peregangan kaki

Salah satu cara untuk mengatasi kaki bengkak pasca melahirkan yaitu dengan melakukan peregangan kaki. Latihan ringan ini bisa Anda lakukan di sela-sela waktu istirahat. Cobalah untuk berdiri sejenak atau malakukan jalan-jalan santai di sekitaran rumah. Mungkin latihan ini terlihat sepele, namun cara seperti ini sangat efektif untuk melancarkan sirkulasi darah. Posisi duduk terlalu lama tentunya akan membuat kondisi kaki semakin bengkak dan tidak nyaman.

  1. Hindari duduk bersila

Bagi Anda yang mengalami pembengkakan sebaiknya menghindari duduk dengan menyilangkan kaki atau bersila. Posisi tersebut akan memperparah pembengkakan pada kaki karena sirkulasi darah semakin terhambat.

  1. Tinggikan posisi kaki

Jika Anda mengalami pembengkakan dan kaki tiba-tiba terasa lebih kencang maka segeralah untuk mengubah posisi kaki menjadi lebih tinggi. Gunakan pengganjal seperti bantal untuk membuat posisi kaki lebih tinggi daripada pantat. Cara ini bertujuan untuk menurunkan kadar cairan yang menumpuk di bagian kaki.

  1. Hindari garam

Bagi Anda yang menderita kaki bengkak pasca melahirkan sebaiknya menghindari makanan dengan rasa asin terlalu tinggi. Garam akan membuat cairan lebih banyak tertimbun di kaki sehingga menyebabkan kaki bengkak.

  1. Hindari menahan buang air kecil

Kebiasaan menahan buang air kecil sangat beresiko menyebabkan pembengkakan di kaki semakin parah. Mak dari itu sebaiknya Anda menghindari kebiasaan buruk tersebut untuk mencegah terjadinya pembangkakan di kaki.

  1. Rendam kaki dengan air garam

Gunakan air garam untuk merendam kaki. Cara ini dinilai sangat efektif dalam mengatasi pembengkakan di kaki pasca melahirkan. Garam memiliki sifat anti imflamasi yang bisa mengurangi pembengkakan.

Demikian penyebab dan cara mengatasi kaki bengkak pasca melahirkan. Selain dengan beberapa cara diatas, untuk mengatasi kaki bengkak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan bergizi dan rajain bergerak atau olehraga ringan.

 

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517