Faktor Penyebab Infertilitas Pria dan Wanita

Kesuburan sistem reproduksi menjadi salah satu faktor penting dalam kehidupan manusia untuk menghasilkan generasi baru. Gangguan pada tingkat kesuburan akan mengakibatkan permasalahan yang cukup serius dalam kehidupan berumah tangga. Hal ini karena bagaimana pun memiliki keturunan adalah hal penting dalam sebuah ikatan perkawinan. Nah, dalam hal ini penting bagi Anda untuk mengetahui faktor penyebab infertilitas sehingga bisa mencegah hal tersebut.

Pasangan suami isteri dikatakan tidak subur apabila dalam rentang waktu satu tahun menikah dan aktif menjalani hubungan intim, namun tidak kunjung terjadi pembuahan. Ketika mendapati kondisi tersebut sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab dan cara penanganan dengan cara yang benar.

Faktor Penyebab Masalah Infertilitas Pada Pria

  • Gangguan hormonal

Salah satu penyebab masalah infertilitas pada pria yaitu adanya gangguan hormonal yang mengakibatkan kualitas dan kuantitas sperma berkurang. Pria yang mengalami kelainan hipofisis/estoster maka akan mengalami gangguan dalam hal memproduksi sperma. Kelainan pada hipofisis akan menyebabkan gangguan terhadap produksi hormone testosterone.

  • Masalah varikokel

Kelainan anatomi fisik pada pria menjadi salah satu penyebab infertilitas. Salah satunya yaitu gangguan pada varikokel. Hal ini iterjadi ketika pembuluh darah disekitar saluran reproduksi membesar sehingga sperma tidak bisa keluar secara maksimal untuk melakukan pembuahan. Gejala dari penyakit ini yaitu terjadi benjolan pada bagian skrotum.

  • Kebiasaan buruk

Pria yang memiliki kebiasaan buruk seperti mengkonsumsi obat terlarang, mabuk dan merokok sangat beresiko mengalami kemandulan. Kebiasaan tersebut akan membuat sirkulasi darah tidak lancar dan menurunkan kualitas serta kuantitas sperma yang dihasilkan. Bahkan pada kondisi yang lebih parah, kebiasaan tersebut bisa menyebabkan masalah pada organ reproduksi seperti impotensi.

Faktor Penyebab Kemandulan Pada Wanita

Setelah mengetahui penyebab dari kemandulan pria, penting juga untuk mengetahui faktor penyebab kemandulan pada wanita. Berikut Penjelasan lebih rincinya!

  • Penyumbatan ovarium

Salah satu penyebab dari kemandulan wanita yaitu adanya penyumbatan pada bagian saluran telur. Hal ini bisa terjadi akibat dari penyakit kelamin menular ataupun radang panggul. Kondisi tersebut akan menyebabkan sel telur tidak akan bisa dibuahi oleh sel sperma.

  • Kista

Nah, adanya penyumbatan pada saluran telur juga bisa diakibatkan oleh adanya kista. Yang mana kista merupakan tumor jinak dan akan tumbuh disekitar dinding ovarium. Kista bisa diatasi dengan mudah jika kondisinya belum berubah menjadi kanker.

  • Gangguan endometriosis

Dalam kasus ini hormone estrogen akan menstimulus tumbuhnya jaringan endometrioum dan terjadi kelainan. Hal ini berasal dari pertumbuhan kista. Gangguan ini sebenarnya bisa diatasi dengan terapi hormone.

  • Gaya hidup

Faktor selanjutnya yaitu gaya hidup tidak sehat mengakibatkan kualitas sel telur menurun. Selain itu, stress juga menjadi salah satu pemicu infertilitas pada wanita. Berat badan berlebih (obesitas) ikut mempengaruhi dan tidak ketinggalan yaitu bertambahnya usia sehingga tidak lagi produktif.

Nah, itulah beberapa faktor penyebab kemandulan pada pria dan wanita yang perlu Anda ketahui. Semoga dengan membaca artikel ini menjadi wawasan dan meningkatkan kehati-hatian Anda sekalian. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This