Faktor Penyebab Bibir Sumbing Pada Bayi

Kelainan atau cacat pada bayi bisa disebabkan oleh banyak faktor selama menjalani masa kehamilan. Faktor genetic, asupan nutrisi dan gangguan kesehatan selama hamil menjadi poin penting yang mempengaruhi tumbuh kembang janin. Salah satu kelainan yang mungkin terjadi yaitu bibir sumbing pada bayi.

Kasus bibir sumbing pada bayi merupakan salah satu kelainan yang diakibatkan oleh adanya gangguan fusi pada janin ketika didalam rahim. Nah, kelainan tersebut terjadi pada tahap awal kehamilan yang merupakan proses pembentukan organ tubuh. Bibir sumbing pada bayi memang bisa disembuhkan dengan jalan operasi. Namun meskipun demikian alangkah lebih baiknya jika ibu hamil melakukan pencegahan dengan menjalani kehamilan sehat.

Faktor Genetik

Penyebab utama bibir sumbing pada bayi yaitu genetik. Kondisi tersebut bisa berasal dari keturunan gen orangtuanya atau riwayat keluarga terdahulu. Namun meskipun demikian, faktor genetik tidak serta merta menjadi penyebab bibir sumbing sebab bisa dilakukan pencegahan dengan mencukupi asupan nutrisi terutama asm folat.

Kekurangan Asam Folat

Asam folat merupakan salah satu jenis nutrisi yang sangat penting untuk ibu hamil. Asam folat berperan penting dalam mencegah terjadinya cacat pada janin. Kekurangan asupan asam folat akan menyebabkan tumbuh kembang janin terganggu dan beresiko terhadap kecacatan. Oleh karena itu, penuhi kebutuhan asam folat selama hamil sehingga bayi terhindar dari resiko bibir sumbing. Asam folat bisa diperoleh dari jenis makanan seperti sayuran dan buah-buahan.

Obesitas

Ibu hamil dengan berat badan berlebih beresiko mengalami cacat pada janin. Perlu Anda ketahui bahwa obesitas akan menghambat tumbuh kembang janin akibat asupan nutrisi untuk janin terganggu. Menjaga berat badan ideal selama hamil adalah hal yang mutlak wajib bagi ibu hamil.

Merokok

Paparan asap rokok akan meracuni janin dan mengganggu tumbuh kembangnya. Zat kimia pada rokok akan menghambat penyerapan nutrisi yang dibutuhkan untuk proses pertumbuhan. Maka dari itu sebisa mungkin ibu hamil harus menghindari kawasan perokok dan jangan sesekali mencoba untuk merokok.

Gizi Buruk

Asupan nutrisi untuk ibu hamil meningkat dua kali lipat. Resiko kekurangan gizi selama hamil sangat fatal terhadap perkembangan janin. Nah, inilah yang menjadi salah satu penyebab janin mengalami cacat pada bagian bibir.

Penggunaan Obat dan Alkohol

Wanita hamil sama sekali tidak disarankan untuk mengkonsumsi obat-obatan karena zat kimia tersebut akan membahayakan janin. bahkan resiko terberatnya adalah menyebabkan cacat pada janin seperti bibir sumbing. Selain itu, ibu hamil yang coba-coba mengkonsumsi minuman beralkohol maka akibatkanya terhadap tumbuh kembang janin sangat fatal.

Demikian beberapa faktor penyebab bibir sumbing pada bayi yang sebaiknya Anda hindari selama masa kehamilan. Perhatikan asupan nutrisi selama hamil, terutama kebutuhan asam folat sehingga janin yang Anda lahirkan akan terhindar dari resiko cacat bibir sumbing.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517