Faktor Penyebab Berat Badan Bayi Turun Yang Harus Anda Ketahui

Pada tahap awal kelahiran, tumbuh kembang bayi menjadi salah satu focus penting semua orangtua. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa setiap orangtua mengkhawatirkan berat badan bayi tidak bisa bertambah dan justru menurun. Namun sebaiknya jangan terburu-buru menyimpulkan jika seandainya terjadi penurunan berat badan.

Nik turun berat badan bayi pada tahap awal kelahiran merupakan salah satu fenomena yang normal terjadi dan tidak perlu dikhawatirkan. Yang terpenting adalah Anda tetap memberikan asupan makanan yang bergizi atau ASI yang berkualitas untuk si kecil.

Kisaran normal berat badan bayi yang beru lahir yaitu sekitar 2,5 hingga 4 kg. Nah, berat tersebut biasanya akan mengalami penurunan di minggu pertama sekitar 7 sampai 10%. Memasuki minggu kedua dan ketiga berat badan si kecil akan kembali mengalami kenaikan secara normal.

Jika dalam tahap pertumbuhan dan perkembangannya si kecil mengalami masalah penurunan berat badan yang dibarengi dengan masalah pada tinggi badan maka sebaiknya segera melakukan penanganan dengan baik. Jangan menyepelekan sebab bisa berakibat fatal dalam jangka panjang.

Pertumbuhan bayi bersifat individual dan tidak bisa disamakan antara satu sama lainnya. Pada dasarnya kita tidak bisa mengambil keputusan atau menyimpulkan bahwa si kecil mengalami pertumbuhan tidak normal akibat berat badan menurun dibandingkan anak seusianya. Hal ini tidak bisa menjadi patokan.

Yang terpenting dalam mendukung tumbuh kembang si kecil adalah memberikan asupan nutrisi yang berkualitas. Pada kisaran usia 0 – 6 bulan sebaiknya berikan ASI secara ekslusif tanpa memberikan asupan makanan lain.

Berikut Ada Beberapa Penyebab Berat Badan Bayi Turun

Akibat Susu Formula

Berat badan si kecil bisa saja turun drastis setelah Anda memperkenalkan MPASI dan memberikan susu formula. Padahal jenis susu formula yang Anda berikan merupakan susu terbaik dan mahal. Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua anak bisa mencerna susu formula dengan baik. Bukan perkara susu terbaik dan termahal. Hal ini berkaitan dengan kemampuan sistem pencernaan si kecil.

Kemungkinan berat badan si kecil turun secara drastis adalah karena jenis susu formula yang Anda berikan memang tidak cocok sehingga terjadi penurunan berat badan secara drastis. Sebaiknya Anda mengkaji jenis susu formula yang cocok sesuai dengan usia tumbuh kembang si kecil. Pemberian asupan makanan yang tepat sangat berguna tumbuh kembang si kecil.

Gangguan Pada Sistem Pencernaan

Selain susu formula yang tidak tepat, penyebab lain berat badan tak kunjung bertambah dan turun secara drastis adalah adanya gangguan pada sistem pencernaan si kecil. Pada kebanyakan kasus banyak anak yang mengalami penurunan berat badan secara drastis akibat gangguan pencernaan.

Apa penyebabnya? Yang jelas salah satunya bisa disebabkan oleh faktor makanan. Pemilihan jenis susu yang tidak tepat membuat sistem pencernaan si kecil terganggu sehingga proses penyerapan makanan tidak berjalan secara optimal.

Kondisi seperti ini tentunya harus menjadi perhatian penting. Usahakan jenis susu formula yang Anda berikan mengandung sejumlah nutrisi penting yang baik untuk pencernaan si kecil seperti probiotik. Bakteri baik akan membantu menjaga kesehatan pencernaan dan menghindarkan dari resiko gangguan pencernaan yang mempengaruhi tumbuh kembang si kecil.

Tindakah yang harus dilakukan untuk mengembalikan berat badan normal pada anak yaitu dengan mengganti susu yang tepat dan periksakan kondisi kesehatab si kecil ke dokter. Hal ini untuk menghindari penyebab lain yang mungkin saja bisa terjadi. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517