Faktor Penyebab Bayi Sering Menangis

Memiliki seorang bayi tentunya menjadi kebahagiaan tersendiri bagi Anda dan keluarga. Namun terkadang tangisan si kecil membuat Anda khawatir dan merasa cemas. Terlebih lagi jika bayi sering menangis dalam jangka waktu yang lumayan lama.

Ketika bayi nangis terus tanpa sebab maka kondisi tersebut akan membuat Anda bertanya-tanya. Terlebih lagi bagi Anda yang belum memiliki pengalaman dalam merawat anak sebelumnya. Perlu Anda ketahui bahwa tangisan bayi merupakan sebuah isyarat mengenai kondisi yang sedang dirasakannnya. Dalam hal ini dibutuhkan kepekaan Anda untuk bisa membaca makna dari tangisan tersebut.

Tangisan bayi secara terus menerus tentunya membuat orangtua kebingungan dan terkadang memicu stres. Nah, maka dari itu penting sekali bagi Anda untuk mengetahui penyebab bayi menangis sehingga bisa melakukan penanganan dengan benar.

Pada dasarnya tangisan bayi merupakan salah cara untuk berkomunikasi dengan Anda sebagai orangtuanya. Mungkin saja si kecil sedang lapar, haus ataupun ngantuk. Dalam hal ini Anda harus lebih peka untuk menanggapi tangisan tersebut.

Beberapa Penyebab Bayi Menangis Terus

  1. Bayi haus

Salah satu penyebab bayi menangis terus yaitu karena haus. Terlebih lagi jika cuaca sedang panas maka si kecil akan sering kehausan sehingga kondisi tersebut membuatnya lebih cepat haus. Cobalah untuk memberikan minum untuk mengatasi hal tersebut.

  1. Bayi lapar

Lapar menjadi salah satu penyebab si kecil sering menangis. Segeralah untuk memberikan ASI sampai si kecil merasa tenang.

  1. Popok basah

Kondisi popok yang basah dan kotor akan membuat si kecil merasa tidak nyaman sehingga cenderung akan menangis terus. Periksalah popok si kecil secara rutin dan segera ganti atau bersihkan sekiranya popok tersebut kotor. Jika dibiarkan terlalu lama maka dikhawatirkan akan terjadi ruam popok dan berpotensi iritasi/infeksi.

  1. Suhu ruangan

Suhu ruangan yang terlalu dingin ataupun panas akan membuat si kecil merasa tidak nyaman dan cenderung akan menangis sebagai salah satu upaya untuk menyampaikan apa yang sedang dirasakannya.

  1. Bosan

Ketika si kecil tiba-tiba nangis setelah beberapa saat Anda mengajaknya bermain, maka kemungkinan si kecil merasa bosan. Segera hentikan aktivitas tersebut dan gendonglah bayi untuk membuatnya tenang.

  1. Lelah

Selain bosan, bayi juga bisa merasa kelelahan sehingga menangis terus menerus. Yang perlu Anda lakukan adalah dengan menggendong dan memberikan kesempatan bagi si kecil untuk beristirahat. Dengan begitu secara perlahan si kecil akan merasa tenang dan menghentikan tangisannya.

  1. Bayi sakit

Penyakit yang menyerang si kecil seperti gangguan pada pencernaan ataupun sakit gigi menjadi faktor penyebab menangis secara terus menerus akibat merasa tidak nyaman. Nah, dalam hal ini yang perlu Anda lakukan adalah mendeteksi sumber sakit tersebut sehingga lebih mudah untuk melakukan penanganan.

Nah, itulah beberapa faktor penyebab si kecil menangis terus menerus. Tangisan bayi termasuk salah satu cara berkomunikasi sehingga kita harus lebih peka dalam menanggapinya.

Related Posts

Share This