Faktor Penyebab ASI Sedikit

Penyebab ASI sedikit. Setelah proses persalinan, tentunya setiap orangtua ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan memberikan asupan nutrisi untuk menunjang tumbuh kembangnya. Caranya yaitu dengan memberikan ASI secara ekslusif selama 6 bulan. ASI merupakan sumber makanan terbaik untuk bayi karena mengandung gizi sangat lengkap.

ASI memiliki kandungan nutrisi yang tidak bisa diganti oleh sumber makanan lain. Disamping itu, ASI memiliki antibodi yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi sehingga senantiasa menjaga kesehatan si kecil dan terhindar dari infeksi penyakit.

ASI menyediakan banyak nutrisi dan membantu sistem pencernaan bayi untuk beradaptasi dengan makanan yang lebih padat. Namun terkadang beberapa wanita dihadapkan dengan kendala ASI keluar sedikit. Hal ini tentunya akan menghambat asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi.

Produksi ASI menurun dan semakin sedikit tentunya dipengaruhi oleh berbagai hal. Dalam hal ini penting sekali bagi Anda untuk mengetahui penyebab ASI tidak keluar sehingga bisa dilakukan penanganan dengan baik.

Berikut Faktor Penyebab ASI Sedikit

  1. Gangguan hormonal

Salah satu penyebab ASI tidak keluar yaitu adanya gangguan hormonal. Kadar hormone tiroid yang terlalu rendah atau tinggi bisa berdampak terhadap produksi ASI yang dihasilkan. Disamping itu gangguan kesehatan seperti diabetes akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas ASI yang dihasilkan.

  1. Memiliki riwayat operasi payudara

Bagi wanita yang pernah menjalani operasi payudara tentunya akan berdampak terhadap produksi ASI. Besar kecilnya pengaruh tersebut sangat bergantung dari proses operasi yang dijalani. Jika operasi tersebut terbilang serius maka kemungkinan akan mengakibatkan produksi ASI terhambat dan bahkan sulit untuk dihasilkan. Namun kondisi ini ridak dialami oleh setiap wanita karena ada sebagian wanita yang melakukan operasi payudara dan masih tetap bisa memberikan ASI dengan lancar.

  1. Alat kontrasepsi

Penggunaan alat kontrasepsi yang berkaitan dengan sistem hormonal kemungkinan akan mengakibatkan seorang wanita mengalami kesulitan dalam hal menghasilkan ASI secara efektif. Dalam hal ini sebaiknya Anda lebih selektif untuk menggunakan program KB dan menghentikan penggunaan alat kontrasepsi jika dirasa menghambat produksi ASI.

  1. Kurangnya intensitas menyusui

Air susu yang jarang dikeluarkan dan menumpuk pada payudara tentunya akan menghambat produksi ASI. Maka dari itu sebaiknya Anda melakukan proses menyusui sesering mungkin untuk menjaga payudara supaya tetap menghasilkan air susu.

  1. Bayi kesulitan menghisap

Bayi yang mengalami gangguan dalam hal menghisap air susu akan menjadi kendala bagi Anda sehingga prosuksi ASI menurun. Hal ini berkaitan dengan efektivitas dari aktivitas yang dijalani oleh bayi. Dalam hal ini Anda harus membimbing bayi supaya menyusu dengan cara yang benar.

Related Posts

Share This