Faktor Fisik dan Psikologis Yang Menyebabkan Keguguran Berulang Pada Ibu Hamil

Kehamilan merupakan momen yang paling membahagiakan bagi pasangan suami isteri dalam menjalin hubungan rumah tangga. Namun terkadang kebahagiaan tersebut berubah menjadi kesedihan ketika janin di dalam kandungan pertumbuhannya terhenti dan lahir sebelum waktunya (keguguran). Hal ini tak jarang membuat seorang wanita mengalami trauma dan tekanan mental yang berpengaruh terhadap kesehatan fisik.

Keguguran adalah terhentinya perkembangan janin di dalam kandungan secara spontan sebelum waktu yang seharusnya (usia dini). Keguguran bisa terjadi secara berulang dan biasanya hal tersebut terjadi pada usia kehamilan trimester pertama. Keguguran berulang biasanya akan menyebabkan seorang wanita mengalami kesulitan untuk mendapatkan keturunan. Hal ini karena kondisi rahim yang tidak kuat untuk menampung janin. Oleh karena itu, penting bagi setiap wanita untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan keguguran berulang supaya hal tersebut bisa dicegah sejak dini.

Faktor penyebab keguguran berulang pada Ibu hamil

Beberapa Faktor Fisik Dan Psikis Yang Menyebabkan Keguguran Berulang

Adanya tekanan mental pada ibu hamil

Faktor pertama yang menyebabkan seorang wanita mengalami keguguran berulang yaitu tekanan mental pada waktu hamil. Banyak permasalahan yang bisa menyebabkan seseorang menjadi stress seperti rasa cemas dan khawatir dengan kondisi kehamilan serta kesehatan. Selain itu perasaan belum siap untuk menjalani kehamilan dan menghadapi persalinan akan memicu stress sehingga membuat perasaan ibu hamil semakin tertekan. Hal tersebut akan mempengaruhi perkembangan janin sehingga mengakibatkan keguguran pada ibu hamil yang sebelumnya mempunyai riwayat keguguran.

Terjadi pengentalan darah

Keguguran bisa diakibatkan oleh pengentalan darah pada ibu hamil. Darah yang mengental akan menghambat pasokan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh janin. Kondisi tersebut akan mengakibatkan perkembangan janin terhambat sehingga bisa menyebabkan janin meninggal di dalam kandungan.

Tingkat kesuburan rahim

Kondisi rahim yang memiliki tingkat kesuburan sangat tinggi merupakan salah satu penyebab terjadinya keguguran secara berulang. Hal ini karena kondisi rahim yang terlalu subur akan membuat embrio dengan kualitas rendah akan tetap menempel pada rahim sehingga embrio tidak akan mengalami perkembangan secara sempurna sehingga mengakibatkan keguguran.

Kondisi mulut rahim yang lemah

Penyebab keguguran berulang yang selanjutnya yaitu kondisi rahim yang terlalu lemah. Ketika usia kehamilan semakin berkembang maka rahim tidak akan memiliki kemampuan untuk menyangga dan menahan desakan janin yang semakin membesar.

Adanya penyakit yang mengganggu perkembangan janin

Keguguran berulang bisa diakibatkan oleh gangguan kesehatan pada janin seperti kelainan pada sistem pencernaan yang mengakibatkan usus tidak memiliki kemampuan untuk menyerap nutrisi. Selain itu penyebab lain dari keguguran berulang adalah adanya sindrom ovarium polikistik.

Kelainan endometrium

Endometrium merupakan tempat untuk berkembangnya janin. Oleh karena itu kondisi endometrium harus senantiasa sehat supaya perkembangan janin tidak terganggu. Kelainan endometrium bisa diakibatkan oleh adanya kelainan hormonal, kelainan imunologi dan gangguan nutrisi.

Kelainan zigot

Kondisi zigot yang tidak normal dan tidak sehat akan mengalami kesulitan untuk bertahan dan berkembang di dalam rahim. Janin yang tidak berkembang besar kemungkinan akan mati dan menyebabkan keguguran.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan keguguran berulang. Bagi Anda yang memiliki pengalaman atau riwayat keguguran sebaiknya melakukan pemeriksaan ke dokter sebelum merencanakan kehamilan selanjutnya.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517