Faktor-faktor Yang Menyebabkan Nafsu Makan Anak Berkurang

Setiap orang pasti pernah mengalami kehilangan nafsu makan, baik itu orang dewasa maupun anak-anak. Kehilangan nafsu makan atau nafsu makan yang menurun merupakan suatu kondisi tidak ada keinginan untuk makan meskipun terkadang perut terasa lapar. Nafsu makan yang menurun tentunya tidak baik untuk kesehatan tubuh karena asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh akan berkurang.

Faktor-faktor Yang Menyebabkan Nafsu Makan Anak Berkurang

Nafsu makan anak yang menurun terkadang menjadi suatu permasalahan yang membuat para orangtua merasa khawatir. Kondisi nafsu makan yang menurun pada anak-anak merupakan hal yang wajar ketika memasuki usia balita. Pertumbuhan anak yang semakin besar membuat aktivitasnya bertambah sehingga minat untuk makan menjadi berkurang. Akan tetapi meskipun penurunan nafsu makan pada anak adalah hal yang wajar, sebaiknya para orangtua mengatasi hal tersebut supaya asupan nutrisi untuk kebutuhan anak pada masa pertumbuhan tidak terganggu.

Untuk mengatasi permasalahan nafsu makan anak yang menurun, Anda harus mengetahui terlebih dahulu faktor penyebabnya. Apabila penyebabnya sudah diketahui maka akan memudahkan dalam mengatasi dan mensiasatinya supaya kebutuhan nutrisi anak tetap tercukupi.

Faktor Penyebab Nafsu Makan Anak Berkurang Atau Menurun

Anak merasa bosan dengan menu makanan yang sama

Salah satu faktor yang menyebabkan nafsu makan anak berkurang adalah merasa bosan dengan sajian menu makanan yang sama. Pada usia balita, anak-anak sudah mengenal cita rasa dan bentuk makanan sehingga anak akan lebih cenderung memiliki sifat memilih makanan. Apabila Anda menyajikan makanan dengan menu yang sama setiap harinya maka anak akan merasa bosan sehingga nafsu untuk makan berkurang. Untuk mengatasi hal tersebut alangkah lebih baiknya kalau Anda menyajikan makanan dengan menu yang bervariasi setiap harinya supaya selera makan anak tetap terjaga. Selain itu, mengetahui jenis makanan yang disukai anak akan memudahkan Anda dalam menyajikan makanan tersebut.

Kebiasaan mengkonsumsi cemilan

Kebiasaan orangtua yang selalu memberikan jajanan atau cemilan pada anak akan mengurangi nafsu makan anak terhadap makanan pokok. Anak-anak akan merasa kenyang dengan mengkonsumsi cemilan sehingga tidak berselera untuk mengkonsumsi makanan pokok seperti nasi dan lauk pauk. Mengatasi hal tersebut sebaiknya orangtua mengontrol anak dalam mengkonsumsi jajanan atau cemilan supaya kebutuhan nutirisi anak pada masa pertumbuhannya tidak terganggu.

Terlalu berlebihan dalam memberikan porsi makanan

Orangtua yang mempunyai kebiasaan memberikan porsi makan yang berlebihan akan menyebabkan anak kehilangan nafsu makan. Pada beberapa kasus yang terjadi biasanya orangtua menginginkan anak yang gemuk sehingga memberikan porsi makan yang banyak. Akan tetapi perlu diketahui bahwa kebiasaan tersebut merupakan cara yang kurang tepat. Selain itu, kebiasaan tersebut akan membuat anak kehilangan nafsu makan dan merasa bosan.

Anak sudah memiliki kemampuan dalam mengenal berbagai rasa makanan

Seiring dengan bertambahnya usia anak maka kemampuan dalam mendeteksi rasa dan memilih jenis makanan semakin meningkat. Apabila Anda hanya menyajikan menu makanan yang sama maka anak akan merasa bosan sehingga hal ini menjadi penyebab anak susah makan.  Mengatasi hal tersebut, Anda sebaiknya menyajikan makanan dengan menu berbeda yang memiliki cita rasa yang beragam. Selain itu, Anda juga bisa membuat variasi dalam menyajikan makanan suapaya anak lebih tertarik untuk makan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517