Faktor Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kesuburan

Kesuburan reproduksi merupakan salah satu hal yang sangat penting guna memiliki keturunan. Tidak sedikit masyarakat yang mengalami gangguan masalah kesuburan sehingga tidak bisa memiliki anak dalam pernikahan mereka. Terkadang hal ini menjadi sebuah konflik dalam rumah tangga yang berujung dengan perceraian. Tidak bisa dipungkiri bahwa memiliki keturunan adalah hal yang menjadi tolak ukur keharmonisan dalam kehidupan berumah tangga.

Secara umum, masalah kesuburan pada pria dan wanita terjadi akibat gaya hidup sehari-hari yang tidak terkontrol. Makanan yang bergizi dan rutin berolahraga adalah salah satu hal yang sangat baik untuk kesuburan. Jika Anda malas untuk berolahraga dan juga tidak memeprhatikan asupan makanan maka kemungkinan akan menurunkan tingkat kesabaran.

Berikut Ini Beberapa Faktor yang Berpengaruh Terhadap Kesuburan

Kekurangan Asupan Vitamin D

Kesuburan berkaitan erat dengan asupan nutrisi. Jika tubuh kekurangan nutrisi maka bisa menurunkan tingkat kesuburan. Salah satunya yaitu kekurangan vitamin D yang bisa menurunkan tingkat kesuburan pada pria dan juga wanita. Bahkan pada wanita hamil kekurangan vitamin D bisa menyebabkan keguguran dan juga masalah ovulasi. Sedangkan pada pria akan menurunkan fungsi dari sperma.

Vitamin D bisa diperoleh dari sumber makanan seperti kuning telur, ikan, daging, hati dan juga yang paling baik bisa diperoleh dari siner matahari pada pagi hari. Penuhi semua kebutuhan vitamin D sehari-hari guna menghindari masalah kesuburan.

Laptop dan Gadget

Radiasi panas yang dikeluarkan oleh laptop dan juga gadget sangat mempengaruhi tingkat kesuburan pada pria dan wanita. Pastikan jika Anda tidak meletakan laptop atau gadget lainnya pada bagian paha dan hindari juga kebiasaan menyimpan gadget didalam saku celana.

Bekerja Di Dapur

Bagi orang yang berprofesi sebagai chef yang memasak di dapur sebenarnya sangat rentan terhadap masalah kesuburan karena sering terpapar panas dari kompor. Terlebih lagi jika setiap hari harus berinteraksi dengan suhu tinggi.

Bersepeda

Kebiasaan bersepeda dalam jangka waktu yang lama bisa memperngaruhi kesuburan dan menurunkan kualitas sperma pada laki-laki. Bersepeda santai setiap hari dalam waktu yang singkat tidak akan mempengaruhi kualitas kesuburan. Yang berbahaya hanyalah bersepeda dalam jangka waktu panjang seperti untuk keperluan kompetisi.

Penyakit Gusi

Penyakit gigi dan juga infeksi pada gusi akan mempengaruhi kesuburan seseorang. Bahkan jika infeksi gusi terjadi pada ibu hamil bisa membahayakan tumbuh kembang janin dan risiko terhadap keguguran. Oleh karena itu penting sekali untuk menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dan gusi.

Bekerja Seharian Di Kantor

Melakukan pekerjaan yang mengharuskan duduk seharian di kantor sebenarnya sangat tidak baik untuk kesuburan. Oleh karena itu bagi karyawan yang bekerja duduk dikantor seharin hendaknya untuk bergerak secara teratur supaya tidak ada penumpukan racun pada organ reproduksi. Biasakan olahraga untuk menghilangkan racun yang menumpuk didalam tubuh akibat terlalu lama duduk.

Adanya Penyakit Kronis

Obesitas, stress dan juga depresi bisa mempengaruhi tingkat kesuburan seseorang. Adanya penyakit kronis juga turut mempengaruhi hal tersebut. Mengapa demikian? Hal ini karena tingkat kesuburan akan dipengaruhi oleh hormone sehingga jika ada masalah kesehatan didalam tubuh akan mengacaukan fungsi hormone tersebut yang berujung pada penurunan kualitas sperma dan masalah pada ovulasi.

Demikian beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan guna menjaga kesuburan reproduksi. Terapkan gaya hidup sehat, rajin olahraga dan konsumsi makanan yang bergizi. Selain itu, hindari aktivitas yang bisa mempengaruhi kesuburan.

Related Posts

Share This