Faktor-faktor Penyebab Gangguan Siklus Menstruasi

Menstruasi merupakan siklus bulanan yang umum terjadi pada wanita. Hal ini terjadi karena sel telur yang sudah matang tidak dibuahi oleh sel sperma sehingga mati dan terjadi peluruhan bersamaan dengan dinding rahim dalam bentuk darah haid. Pada wanita yang normal, siklus menstruasi akan terjadi setiap bulan dan biasanya berlangsung selama 7 hari.

Pada sebagian kasus, banyak wanita yang mengeluhkan adanya gangguan menstruasi sehingga siklus bulanan yang biasa terjadi kadang terhambat. Gangguan menstruasi biasa diakibatkan oleh beberapa faktor, baik itu faktor internal yang berhubungan dengan hormone ataupun faktor eksternal yag meliputi pola hidup sehari-hari.

Berikut Faktor Penyebab Gangguan Siklus Menstruasi

  1. Stres

Salah satu faktor penyebab yang memicu gangguan siklus menstruasi yaitu stres. Jika seorang wanita stres maka hal tersebut akan memicu kelenjar adrenal memproduksi kortisol. Hormon tersebut akan berdampak terhadap hormone reproduksi seperti progesterone dan estrogen. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari stres supaya siklus menstruasi setiap bulan berlangsung lancar.

  1. Terjadi anovulasi

Faktor penyebab yang paling umum dari gangguan menstruasi yaitu tidak terjai ovulasi (tidak melepaskan sel telur). Adapun faktor yang mengakibatkan seseorang mengalami anovulasi yaitu stres, gaya hidup yang tidak sehat, sakit ataupun latihan fisik yang terlalu berat.

  1. Terjadi penurunan berat badan dan olahraga terlalu berat

Penyebab lain dari gangguan menstruasi yaitu kebiasaan olahraga yang terlalu di porsir. Wanita yang mempunyai kebiasaan berolahraga 2-3 jam perhari sangat beresiko mengalami gangguan menstruasin akibat dari lemak tubuh yang terus berkurang. Hal ini tentunya akan menyebabkan estrogen rendah sehingga tidak mamapu berovulasi. Otak tidak mempunyai kemampuan untuk memicu hormone yang tepat untuk perkembangan folikel. Ketidakteraturan ini sangat cenderung mengakibatkan penyakit pada tulang yaitu osteoporosis.

  1. Mendekati masa menopause

Pada umumnya seorang wanita akan mengalami menopause pada usia diatas 40-50 tahun. Namun pada kondisi yang berbeda bisa saja menopause terjadi pada usia dibawah 30 tahun atau yang biasa disebut dengan menopause dini. Hal ini disebabkan oleh kelainan bawaan. Menstruasi yang tidak teratur bisa menjadi salah satu sinyal adanya gangguan pada siklus menstruasi. Wanita yang mendekati perimenopause akan mengalami gangguan pada siklus menstruasi akibat dari adanya ketidakseimbangan hormone progesterone.

Nah, itulah beberapa faktor penyebab gangguan siklus menstruasi yang perlu Anda ketahui. Supaya siklus bulanan berlangsung lancar dan normal, sebaiknya Anda menerapkan gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan rutin olahraga. Namun olahraga yang dijalani harus teratur dan jangan berlebihan. Jika berlebihan justru akan memicu gangguan tersebut. Selain itu, Hindari kebiasaan buruk seperti merokok, mengkonsumsi minuman berlakohol dan stres.

Related Posts

Share This