Fakta Tentang Manfaat Spirulina Untuk Kesehatan

Menjaga kesehatan adalah salah satu hal yang harus dilakukan oleh setiap orang sebagai upaya dalam memiliki tubuh yang kuat dan prima. Tubuh yang sehat tentunya akan menunjang semua aktivitas yang dilakukan setiap hari. Pada dasarnya untuk memperoleh tubuh yang sehat dan kuat sangatlah mudah. Cara sederhananya yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat dan rajin berolahraga. Nah, yang akan penulis bahas kali ini yaitu tentang manfaat spirulina untuk kesehatan tubuh.

Anda tahu spirulina? Istilah tersebut mungkin tidak terlalu popular dikalangan masyarakat. Biasanya kebanyakan orang menyebut spirulina dengan istilah ganggang. Spirulina (ganggang) memiliki kandungan protein dan nutrisi lainnya dalam jumlah yang cukup tinggi. Spirulina tumbuh liar di air garam dan sebagian bisa tumbuh di air tawar.

Spirulina banyak dikonsumsi sebagai makanan dan bahkan suplemen diet. Selain itu, spirulina juga digunakan sebagai suplemen pakan dalam budidaya ikan ataupun unggas. Perlu Anda ketahui kbahwa spirulina mengandung asam amino dan protein sehingga memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan.

Berikut Manfaat Luar Biasa Spirulina Untuk Kesehatan

  • Mengatasi alergi

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan alergi, spirulina bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi alergi. Dengan mengkonsumsi spirulina maka akan membantu mengatasi gejala alergi seperti hidung tersumbat, bersin dan gatal-gatal.

  • Diabetes

Dalam sebuah riset menemukan bahwa spirulina yang digunakan sebagai suplemen makanan sangat berpengaruh signifikan terhadap penurunan kadar lemak dan gula darah. Disamping itu, spirulina akan membantu mengurangi peradangan serta menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi.

  • Menurunkan kolesterol

Spirulina mengandung nutrisi yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah secara alami sehingga akan meningkatkan proses penyerapan beberapa mineral penting ke dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi spirulina maka akan mengurangi LDL/kolesterol jahat serta meningkatkan rasio kolesterol.

  • Menurunkan berat badan

Kandungan klorofil, asam lemak dan beta karoten dalam spirulina sangat berguna untuk menurunkan berat badan berlebih. Jika dikonsumsi secara teratur maka akan membantu mengatasi permasalahan seputar berat badan berlebih.

  • Mencegah penyakit kanker

Menurut berbagai riset yang dilakukan menemukan bahwa mengkonsumsi spirulina sangat bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mencegah pertumbuhan sel-sel kanker berbahaya. Spirulina memiliki pigmen yang bersifat sebagai antikanker sehingga akan menghambat setiap aktivitas yang berhubungan dengan pertumbuhan sel kanker.

  • Meningkatkan fungsi kognitif

Kandungan asam folat pada spirulina memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan sistem saraf dan meningkatkan fungsi otak. Hal ini tentunya akan berdampak positif terhadap peningkatan kemampuan kognitif.

  • Kesehatan mata

Seperti yang telah diutarakan sebelumnya bahwa spirulina mengandung antioksidan dan betakaroten yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini akan menghidarkan dari kerusakan retina mata.

Demikian beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari spirulina. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This