Fakta Tentang Manfaat Mandi Air Hangat Untuk Kesehatan

Mandi merupakan salah satu aktivitas rutin yang dilakukan setiap hari dalam upaya menjaga kebersihan tubuh. Selain itu, mandi akan membuat tubuh terasa lebih segar setelah seharian beraktivitas. Jarang mandi tentunya akan membuat tubuh lebih rentan terkena penyakit kulit akibat penumpukan kuman dan bakteri. Mandi identik menggunakan air dingin, namun tahukah Anda ternyata manfaat mandi air hangat sangat luar biasa.

Sebagian orang mungkin ada yang memiliki kebiasaan mandi menggunakan air hangat. Hal ini memang memberikan dampak positif bagi tubuh sehingga sesekali mandi menggunakan air hangat perlu dilakukan. Namun kebiasaan mandi dengan air hangat harus dilakukan secara teratur dan jangan terlalu sering. Apa saja manfaat mandi menggunakan air hangat? Simak lebih jelasnya berikut ini.

Awet Muda

Salah satu manfaat mandi menggunakan air hangat yaitu bisa membuat Anda lebih awet muda. Hal ini karena air hangat akan membuat pori-pori kulit terbuka sehingga tidak kering dan tampak lebih segar.

Mencegah Migrain

Mandi air hangat akan membuat sirkulasi darah menuju otak menjadi lebih lancar serhingga hal ini berguna untuk mencegah migrain.

Mencegah Penyakit Ringan

Penyakit ringan seperti batuk bisa reda jika Anda mandi menggunakan air hangat.  Uap panas dari air tersebut akan membuat sisem pernafasan Anda menjadi lebih baik sehingga bakteri penyebab batuk bisa diminimalisir.

Meredakan Stres

Mandi dengan air hangat ternyata bisa menghindarkan Anda dari stres. Setelah seharian melakukan aktivitas dan banyaknya tekanan pekerjaan tentunya membuat pikiran Anda merasa stres. Nah, untuk meredakan hal tersebut cobalah mandi dengan menggunakan air hangat.

Kesehatan Jantung

Kebiasaan mandi air hangat secara teratur akan membantu menjaga kesehatan organ jantung. Hal ini karena air hangat akan membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar sehingga kinerja jantung menjadi lebih mudah.

Manfaat Bagi Penderita Diabetes

Bagi Anda yang menderita penyakit diabetes, lakukan aktivitas mandi dengan air hangat atau berendam menggunakan air hangat. Perlu Anda ketahui bahwa air hangat akan membuat  gula dalam darah menurun sehingga meredakan diabetes.

Tidur Yang Berkualitas

Mandi air hangat pada malam hari setelah pulang bekerja akan membuat pikiran menjadi lebih rileks sehingga berpengaruh terhadap kualitas tidur yang lebih baik. Terlebih lagi bagi Anda yang mengalami masalah tidur atau insomnia maka cobalah untuk mandi dengan air hangat.

Luar biasa sekali bukan manfaat mandi dengan air hangat? Maka dari itu, tidak ada salahnya jika Anda melakukan aktivitas tersebut secara teratur. Akan tetapi jangan setiap waktu melakukan hal tersebut sebab bisa menyebabkan kulit kehilangan minyak dan menjadi kering. Semoga Bermanfaat. Salam sehat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517