Fakta Tentang Kesehatan: Efek Negatif Kebiasaan Menggigit Kuku

Apakah Anda salah satu dari sekian banyak orang yang memiliki kebiasaan menggigit kuku? Menurut sebuah riset menunjukan bahwa kebiasaan menggigit kuku banyak dilakukan oleh sebagian besar orang di dunia. Bahkan kebiasaan tersebut berkembang menjadi hobi yang sulit untuk dihilangkan. Fenomena ini menjadi salah satu bukti fakta tentang kesehatan yang sangat menarik untuk dikaji mengenai dampak negatifnya.

Pada kebanyakan kasus, kebiasaan menggigit kuku dilakukan oleh sebagian orang ketika merasa panik, tegang dan moodnya sedang tidak baik. Bahkan hal ini dilakukan ketika seseorang merasa sendirian atau bosan. Tanpa disadari hal ini ternyata akan memberikan dampak negatif terhadap kesehatan baik secara fisik dan psikologis.

Fakta Menarik Kebiasaan Menggigit Kuku

  1. Kebiasaan menggigit kuku menjadi salah satu hal yang banyak dilakukan anak-anak. Bahkan menurut survey menunjukan sekitar 60% anak-anak melakukan hal ini dan 45% remaja juga memiliki kebiasaan tersebut.
  2. Menggigit kuku sering dilakukan ketika merasa tegang atau ketakutan. Bahkan yang sering terjadi dilakukan ketika sedang tidak ada kegiatan sebagai bentuk mengatasi kebosanan.
  3. Kebiasaan menggigit kuku terjadi pada anak-anak dan berlanjut hingga usia dewasa.
  4. Bahkan kebiasaan ini tanpa disadari dilakukan ketika melakukan aktivitas sehari-hari seperti sedang menelepon atau menonton tv.

Penyebab atau pemicu kebiasaan seseorang menggigit kuku adalah suasana hati yang merasa stres, tegang dan bosan. Kebiasaan seperti ini dianggap sebagai salah satu cara dalam mengatasi suasana hati tersebut. Adapun penyebab lainnya yaitu karena merasa kesepian ataupun frustasi yang mungkin saja dipengaruhi oleh faktor genetic.

Dampak Negatif Kebiasaan Mengigit Kuku

  • Keseringan menggigit kuku bisa menyebabkan kerusakan pada sistem saraf kuku dan kulit di area kuku. Hal ini bisa menjadi suatu kebiasaan yang menyakiti diri sendiri.
  • Kebiasaan mengigit kuku bisa menyebabkan kerusakan pada gigi sehingga lebih mudah tanggal.
  • Bahkan kebiasaan tersebut akan melukai jari sehingga beresiko oterjadi infeksi akibat virus dan bakteri yang bersarang di kuku.
  • Efek negatif lainnya yaitu merusak keindahan dan menimbulkan masalah kesehatan pada kuku sehingga pertumbuhannya akan terganggu.

Mengatasi Kebiasaan Menggigit Kuku

Kebiasaan mengigit kuku sebaiknya segera dihentikan sebelum berdampak lebih parah terhadap kesehatan. Bagi wanita yang memiliki kebiasaan tersebut, cobalah untuk melakukan perawatan kuku, salah satunya manicure. Dengan begitu maka Anda akan enggan untuk menggigit kuku karena merasa sayang jika harus merusak kuku yang indah.

Bahkan Anda bisa mencoba cara yang sedikit ekstrem yaitu mengolesi kuku dengan sesuatu yang pahit namun tidak membahayakan. Cara ini setidaknya akan membuat Anda tidak mau menggigit kuku. Cara seperti ini juga sangat efektif diterapkan pada anak untuk menghentikan kebiasaan dalam merusak kuku.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517