Fakta Seputar Manfaat Minum Teh Putih

Seperti yang kita ketahui bahwa teh merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki kandungan antioksidan tinggi yaitu polifenol. Mengkonsumsi teh secara rutin bermanfaat untuk mengurangi resiko penyakit jantung, stroke dan kanker. Namun meskipun demikian Anda juga harus membatasi konsumsi teh sebab terdapat kandungan kafein. Nah, yang akan penulis bahas kali ini yaitu mengenai manfaat minum teh putih untuk kesehatan.

Tanaman teh memiliki beberapa jenis yaitu teh hitam, teh hijau, teh oolong, teh putih dan teh herbab chamomile. Nah, diantara beberapa jenis teh tersebut, ternyata teh putih merupakan jenis teh yang rendah akan kandungan kafein. Teh putih merupakan daun teh yang belum diawetkan serta belum teroksidasi.

Daun teh putih dipanen ketika umurnya masih sangat muda. Kemudian dikukus sebentar dan dikeringkan tanpa melalui proses fermentasi. Maka dari itu, kandungan antioksidan pada teh putih sangat tinggi dan citarasanya lebih ringan serta lebih manis dibandingakan dengan teh hijau.

Inilah Manfaat Teh Putih Untuk Kesehatan

Mencegah Kanker

Salah satu manfaat teh putih yaitu mencegah penyakit kanker karena mengandung senyawa polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan. Selain itu, kandungan polifenol tersebut mampu mencegah terjadinya kerusakan oksidatif yang menjadi salah satu faktor penyebab kanker.

Mencegah Kerusakan Tubuh

Mengingat kandungan polifenol yang sangat tinggi pada teh putih maka hal ini berguna dalam mencegah terjadinya kerusakan tubuh. Polifenol memiliki kemampuan untuk mencegah peroksidan yang memicu kelebihan racun didalam tubuh.

Menjaga Kesehatan Mulut

Senyawa tannin dan polifenol berperan dalam menghambat pertumbuhan berbagai macam bakteri pada mulut.

Menjaga Kesehatan Kulit

Tingginya antioksidan pada teh putih sangat berguna dalam menjaga kesehatan kulit sehingga akan membuat Anda terlihat awet muda serta terhindar dari penuaan dini. Bahkan antioksidan tersebut akan melindungi Anda dari bahaya siner ultraviolet.

Mencegah Gangguan Kardiovaskular

Polifenol dan flavonoid pada teh putih bisa menekan resiko gangguan pada sistem kardiovaskular. Nah, senyawa tersebut akan menghambat oksidasi kolesterol jahat didalam darah dan memperbaiki fungsi dari endotel.

Menjaga Berat Badan Ideal

Selain menjaga pola makan dan rutin berolahraga, ternyata dengan emngkonsumsi teh putih secara rutin bisa membantu menurunkan berat badan berlebih. Hal ini karena teh putih tidak mengandung kalori.

Mengatasi Diabetes

Mengkonsumsi teh putih bisa membantu penderita diabetes. Kandungan senyawa pada teh putih berguna untuk menurunkan resistensi insulin serta meningkatkan sensistivitas hormone untuk mengontrol kadar gula.

Mencegah Infeksi

Sifat antibakteri teh putih mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga terhindar dari resiko dan bahaya mikroorganisme yang bisa menyebabkan terjadinya infeksi pada tubuh.

Luar biasa sekali bukan manfaat teh putih? Cobalah untuk mengkonsumsinya secara rutin guna memperoleh manfaat untuk kesehatan tubuh Anda.

Related Posts

Share This