Fakta Seputar Khasiat Temulawak Untuk Kesehatan

Temulawak terkenal sebagai obat tradisional khas Indonesia asli. Tanaman yang satu ini termasuk keluarga rimpang dan biasanya hidup pada ketinggian 5 – 750 mdpl. Sebagai tanaman herbal, khasiat temulawak untuk kesehatan sangat banyak dan luar biasa. Temulawak dan kunyit hampir memiliki kesamaan sehingga Anda harus berhati-hati untuk membedakan tanaman tersebut.

Bagian yang sering digunakan sebagai obat yaitu akar atau rimpang. Nah, rimpang tersebut akan diolah untuk dijadikan obat herbal dengan cara pengolahan yang berbeda-beda. Bagi Anda yang belum mengetahui manfaat temulawak, berikut ini ada penjelasan seputar manfaat dan khasiat temulawak untuk kesehatan tubuh. Simak selengkapnya!

Menjaga Fungsi Hati

Temulawak mengandung katagoga yang berkhasiat dalam menjaga kesehatan fungsi hati. Dalam hal ini katagoga akan memproduksi empedu di dalam hati serta menstimulus pengosongan kandung empedu. Dengan begitu maka akan menjaga kesehatan hati dan menjaga fungsinya.

Menurunkan Lemak Darah

Kurkuminoid adalah salah satu ekstrak dari temulawak yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan meningkatkan kolesterol baik. Zat kurkuminoid akan menurunkan lemak dalam darah sehingga akan berdampak positif untuk kesehatan jantung.

Mencegah Penyakit Kanker

Kanker tergolong sebagai salah satu penyakit berbahaya dan mematikan jika tidak segera ditangani dengan baik. Nah, temulawak mengandung senyawa curcumin yang mampu menghambat dan mencegah pertumbuhan kanker prostat dan jenis kanker lainnya. Menurut sebuah studi mengatakan bahwa temulawak mampu menghambat pertumbuhan pembuluh darah yang membawa sel kanker.

Mengatasi Masalah Pencernaan

Temulawak mengandung zat yang bisa merangsang produksi empedu di dalam kandung empedu yang bisa meningkatkan pencernaan. Khasiat temulawak akan membantu sistem pencernaan sehingga mencegah berbagai gangguan dan masalah seputar pencernaan.

Mengobati Gangguan Ginjal

Mengkonsumsi temulawak secara rutin sangat bagus untuk mengatasi gangguan ginjal. Cara menggunakannya yaitu dengan merebus temulawak dengan kumis kucing dan daun meniran. Tambahkan pula gula batu secukupnya. Air rebusan tersebut diminum secara rutin dan teratur untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Merawat Jantung

Temulawak atau yang biasa disebut dengan curcuma memiliki khasiat yang luar biasa untuk menyehatkan jantung. Maka dari itu, konsumsi temulawak secara rutin dalam upaya menjaga sirkulasi darah dan menjaga kinerja dan kesehatan jantung.

Meredakan Penyakit Maag

Temulawak ternyata bisa digunakan sebagai obat alami dalam mengatasi penyakit maag. Caranya yaitu merebus temulawak menggunakan air secukupnya, kemudian saring dan diamkan hingga dingin. Minum secara rutin untuk hasil yang lebih baik.

Mencegah Radang Sendi

Temulawak mengandung senyawa kurkumin sekitar 100 mg fenibutazon untuk mengatasi dan mencegah terjadinya peradangan pada sendi. Senyawa tersebut mampu menghambat perpindahan sel-sel leukesit menuju daerah peradangan.

Temulawak memang memilki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan, akan tetapi dalam pengaplikasian herbal tersebut harus dikontrol dan sebaiknya tidak digunakan dalam jangka panjang. Hal ini karena bisa menyebabkan terjadinya iritasi lambung apabila berlebihan dan digunakan secara terus menerus.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517