Fakta Seputar Cara Mengatasi Pilek dan Flu

Perubahan musim dan cuaca yang tidak menentu membuat perkembangbiakan kuman, virus dan bakteri semakin leluasa. Kondisi tersebut mengancam kesehatan dan menurunkan imunitas tubuh. Salahs satu jenis gangguan kesehatan ringan yang rentan menyerang di pergantian musim yaitu flu dan pilek. Meskipun dikategorikan bukan penyakit yang serius, akan tetapi gangguan kesehatan ini tidak boleh disepelekan sebab bisa mengganggu kenyamanan Anda untuk beraktivitas. Penting sekali bagi Anda untuk segera mengatasi pilek dan flu dengan cara yang tepat.

Supaya bisa terhindar dari berbagai gangguan kesehatan pada musim penghujan, sebaiknya memperbanyak konsumsi makanan yang bergizi seimbang seperti vitamin, protein, mineral dan zat gizi penting lainnya. Disamping itu untuk menjaga imunitas tubuh diperlukan aktivitas tubuh seperti berolahraga.

Berikut Fakta Seputar Mengatasi Pilek dan Flu

  1. Flu dan Pilek Bisa Dicegah Dengan Membiasakan Cuci Tangan

Kebiasaan mencuci tangan dengan cara yang benar merupakan salah satu cara untuk mencegah infeksi virus dan bakteri. Tindakan ini dianggap sangat penting mengingat tangan adalah salah satu bagian tubuh yang sering bersentuhan dengan banyak hal. Maka dari itu, supaya terhindar dari gangguan kesehatan ringan tersebut, biasakan untuk rajina mencuci tangan.

  1. Olahraga Ampuh Untuk Menangkal Virus Flu dan Pilek

Dalam melawan virus dan bakteri sebenarnya Anda tidak memerlukan suplemen khusus. Olahraga bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa Anda lakukan untuk mencegah hal tersebut. Membiasakan rutin berolahraga selama 30 menit minimal 3 kali dalam seminggu akan membuat imunitas tubuh  berfungsi dengan baik dalam menghalau virus dan bakteri.

  1. Virus Pilek Bisa Menyebabkan Gemuk

Menurut sebuah riset menemukan bahwa anak-anak yang terinfeksi virus flu dan filek sangat rentan mengalami masalah pencernaan. Bahkan kondisi tersebut menyebabkan anak-anak mengalami peningkatan berat badan yang signifikan. Namun hal ini bukan sepenuhnya penyebab yang paling utama dari kenaikan berat badan anak.

  1. Minuman Hangat Bisa Menyingkirkan Flu dan Pilek

Fakta selanjutntya yaitu bahwa minuman panas ternyata bisa menghilangkan gejala flu dan pilek. Tidak heran jika banyak orang yang memilih mengkonsumsi mimunam hangat untuk meredakan gejala flu dan pilek yang sedang diderita. Jenis minuman yang terbukti mengatasi gejala ini seperti susu jahe, wedang jahe ataupun madu jahe.

  1. Kurang Tidur Menjadi Penyebab Flu dan Pilek

Bagi Anda yang tidak mendapatkan waktu istirahat cukup di malam hari sangat rentan terkena flu dan pilek. Hal ini karena kurang istirahat akan menurunkan imunitas tubuh sehingga lebih mudah terinfeksi virus dan bakteri.

  1. Virus Flu Sangat Mudah Berpindah

Berhati-hatilah ketika berdekatan dengan orang yang terkena flu, sebab virus ini bisa dengan mudah menyebar dan berpindah. Jangkauan virus ini bahkan bisa mencapai radius 6 meter. BIsa menular lewat udara dan bersin dari si penderita.

Related Posts

Share This