Fakta Seputar Bayi Demam yang Harus Anda Ketahui

Bayi demam dengan suhu tubuh yang tiba-tiba naik secara drastis terkadang menjadi hal yang paling ditakutkan oleh setiap orangtua. Demam pada bayi tidak bisa disepelekan karena hal ini bisa menjadi salah satu hal yang mengganggu tumbuh kembangnya. Masalah kesehatan yang terjadi pada bayi sebaiknya jangan dibiarkan dan harus mendapatkan penanganan dengan segera. Meskipun terlihat sepele namun hal ini berkaitan dengan kesehatan anak dalam jangka panjang.

Sistem imun mbayi yang belum sepenuhnya berfungsi dengasn baik memang rentan terhadap gangguan berbagai jenis masalah kesehatan. Dalam hal ini peran orangtua untuk menjaga kesehatan si kecil sangat penting. Berikan selalu perlindungan untuk si kecil dengan cara asupan makanan bergizi. Jika usianya belum menginjak 6 bulan maka sebaiknya itetap berikan ASI. Perlu Anda ketahui bahwa ASI merupakan sumber makanan kterbaik bagi bayi dan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

Beberapa Hal Yang Perlu Anda Ketahui Seputar Bayi Demam

Bayi Disebut Demam Jika Suhu Tubuhnya Diatas 38 Derajat

Nah, salah satu hal yang perlu Anda ketahui seputar fakta bayi demam yaitu suhu tubuh diatas 38 derajat. Jika tubuh si kecil terasa hangat dan pipinya mulai memerah, maka sebaiknya segera ukur suhu tubuhnya dengan menggunakan termometer dengan skala bacaan 37 derajat celcius. Jika sushu tubuhnya masih berada pada kisaran tersebut maka si kecil belum dikatakan demam.

Suhu tubuh bayi memiliki persamaan seperti halnya pada orang dewasa yaitu bisa meningkat kapan saja. Si kecil dikatakan demam jika suhu tubuhnya melebihi angka standar. Jika panas tubuh si kecil berada diatas angak 38 derajat celcius maka hal ini baru dikatakan demam. Namun jika masi \h berada pada angka 37 maka masih normal dan tidak perlu khawatir.

Meningkatnya suhu tubuh pada bayi tidak selalu karena demam, ada beberapa hal yang memicu demam pada bayi diantaranya yaitu aktivitas bayi yang aktif atau berlebihan atau penggunaan baju yang terlalu tebal. Hal inilah yang pelu Anda perhatikan sehingga tidak perlu khawatir.

Demam Akibat Bakteri Beda Dengan Demam Akibat Virus

Demam akibat virus adalah hal yang normal terjadi pada siapapun. Hal ini karena tubuh berusaha untuk melawan virus didalam tubuh. Demam adalah bentuk reaksi dari aktivitas melawan virus. Biasanya akan menyebabkan batuk pilek biasa, flu, atau gangguan pencernaan. Kondisi ini akan membaik dalam waktu tiga hari.

Sedangkan jika demam akibat mbakteri terjadi karena sistem imun melawan infeksi bakteri seperti radang paru, infaksi saluran kemih, infaksi telinga dan lain sebagainya. Demam karena infeksi bakteri sangat berbahaya dan haru segera ditangani dengan sangat baik.

Demam Berbahaya Pada Bayi 3 Bulan

Bayi yang berusia dibawah 6 bulan memang sangat rentan mengalami gangguan kesehatan akibat sistem imun bayi yang belum speneuhnya berfungsi. Jika demam pada bayi yang berusia 3 bulan ini sangat berbahaya dan harus segera ditangani secara tepat. Jika suhu tubuh si kecil meningkat pada angka diatas 38 derajat maka sebaiknya segera bawa ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat sehingga tidakn akan membahayakan tumbuh kembangnya.

Demam pada bayi usia 3 bulan bisa saja akibat infeksi bakteri yang bisa berakibat fatal dalam jangka panjang. Hal ini harus segera mendapatkan penanganan dengan baik.

Demikian sekilas tentang fakta demam pada bayi, cermati kenaikan suhu tubuh si kecil dengan benar dan berikan penanganan yang tepat jika hal itu terjadi. Jangan sesekali memberikan obat-obatan tanpa anjuran dokter. Apalagi untuk bayi dibawah usia 3 bulan tidak dianjurkan untuk memberikan obat-obatan karena bisa membahayakan kesehatannya.

Related Posts

Share This