Fakta Penting Seputar Virus Zika Yang Perlu Anda Ketahui

Virus zika saat ini sedang menjadi perbincangan dimana-mana, tak terkecuali di Indonesia. Bahkan saat ini Indonesia dinyatakan berstatus waspada terhadap virus tersebut. Serangan virus zika sangat berbahaya dan mematikan sehingga perlu diwaspadai.

Ada yang lebih mengerikan lagi dari serangan virus zika yaitu bisa mengancam kesehatan ibu hamil dan juga janin yang ada didalam kandungan. Jenis virus ini bisa mengakibatkan tumbuh kembang janin didalam kandungan terganggu dan perkembangan organ janin tidak akan maksimal.

Lalu sebenarnya apa pemicu virus zika? Untuk mencegah penularan virus yang sangat berbahaya ini sebaiknya kita mengatahui faktor penyebabnya sehingga bisa melakukan pencegahan sejak dini. Jika penyebabnya dihindari maka kemungkinan untuk terinfeksi sangat kecil.

Berikut Fakta Penting Seputar Virus Zika

Virus Zika Bisa Menyebar Lewat Hubungan Seksual

Berhati-hatilah dan jangan berganti-ganti pasangan dalam hal urusan berhubungan seksual. Hal ini karena virus zika bisa menyebar dan menular melalui hubungan seksual. Apabila seseorang yang terkena virus zika berhubungan intim dengan orang sehat maka virus tersebutb dengan sangat mudah akan menular.

Menyebar Lewat Gigitan Nyamuk

Fakta selanjutnya yang perlu Anda ketahui yaitu virus zika menyebar melalui gigitan nyamuk. Seperti halnya demam berdarah. Virus ini juga menyebar dan menginfeksi melalui gigitan nyamuk Aedes. Perhatikan kebersihan lingkungan supaya terhindar dari resiko infeksi yang berbahaya akibat virus tersebut.

Belum Ada Vaksin Virus Zika

Tahukah Anda bahwa belum ada vaksin virus zika hingga saat ini? Para ahli kesehatan masih mengembangkan penelitian untuk menemukan vaksin dalam upaya mencegah dan menyembuhkan virus zika.

Demam adalah Gejala Awal Virus Zika

Gejala yang diakibatkan oleh virus zika diantaranya yaitu demam, nyeri sendi, sakit kepala, nyeri otot, ruam dan bahkan konjungtivitas. Nah, gejal-gejala tersebut akan dirasakan hingga 2 sampai 7 hari. Jika Anda merasakan hal-hal tersebut maka sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk mencegah hal yang lebih buruk.

Baca Juga:  Formula Rahasia Untuk Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Ibu Hamil Sangat Beresiko Tertular Virus Zika

Ibu hamil sangat rentan terkena serangan virus zika. Hal ini karena sistem imun ibu hamil terkadang sedang mengalami penurunan sehingga bisa dengan mudah jenis virus tersebut menyerang ibu hamil. Resikonya sangat fatal jika virus tersebut menginfeksi yaitu mengakibatkan tumbuh kembang janin terganggu.

Resiko cacat pada janin sangat besar jika ibu hamil terinfeksi virus zika. Oleh karena itu, pemeriksaan kesehatan kandungan sangat penting selama hamil guna mencegah infeksi virus tersebut. Dengan pemeriksaan yang rutin maka akan lebih bisa mendeteksi kesehatan kandungan sehingga tumbuh kemmbang janin tidak akan terganggu.

Nah, demikian fakta seputar virus zika yang harus diketahui. Untuk mencegah penularan virus tersebut sebaiknya Anda memperhatikan kebersihan. Bersihkan tempat-tempat yang dirasa menjadi pemicu perkembangbiakan nyamuk.

Jangan biarkan ada air tergenang dihalaman rumah, bersihkan bakĀ  mandi dan pilihlah makanan sehat. Dengan lingkungan yang bersih maka kemungkinan penularan dari nyamuk bisa dihindari. Selain itu terapkan gaya hidup sehat dengan memperbanyak konsumsi makanan bergizi guna meningkatkan sistem imun tubuh agar kebal dari serangan virus.

Cara lain dalam meningkatkan kekebalan tubuh dari virus yaitu dengan rutin berolahraga. Gaya hidup sehat memang menjadi salah satu solusi terbaik untuk mencegah infeksi berbagai penyakit. Lakukanlah mulai saat ini dan Anda akan senantiasa terbebas dari berbagai penyakit. Hidup sehat itu mudah, hanya saja kesadaran untuk melakukannya yang terbilang cukup sulit. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517