Fakta Keringat Berlebih, Menyehatkan Atau Tidak?

Keringat berlebih. Keringat yang keluar dari tubuh kita merupakan salah satu proses metabolisme yang terjadi pada tubuh, yakni proses pelepasan panas dari dalam tubuh kita. Apakah Anda pernah mendengar, jika ketika seseorang demam baik anak-anak atau bahkan orang dewasa, tubuh seseorang tersebut akan dipaksa untuk mengeluarkan keringat. Mengapa demikian? Hal ini dilakukan bukan tidak memiliki tujuan, melainkan memiliki tujuan yang pasti, yaitu untuk meredakan suhu tubuh karena demam tersebut.

Namun satu hal yang harus Anda ketahui, bahwa keringat yang keluar akan menajdi masalah besar jika keringat yang keluar tersebut terus menerus keluar dan tidak berhenti, bahkan keluarnya pun dalam jumlah yang banyak. Jika kita melihat dalam istilah dokter, kondisi ini disebut dengan hyperhidrosis. Dan keringat ini pada umumnya akan terjadi di sekitar daerah tertentu, seperti telapak tangan, kaki, wajah, ketiak dan juga di sekitar dahi.

Kondisi hyperhidrosis ini juga dibagi menjadi dua bagian, yakni hyperhidrosis primer dan hyperhidrosis sekunder. Untuk hyperhidrosis primer pada dasarnya akan terjadi karena adanya faktor genetic, serta akan terjadi pada anak-anak yang mulai memasuki usia remaja. Sedangkan untuk jenis hyperhidrosis sekunder, kondisi ini akan terjadi karena adanya faktor pola hidup yang kurang sehat.

Dan di bawah ini ada beberapa faktor yang menjadi penyebab utama hyperhidrosis sekunder, yaitu sebagai berikut:

  1. Munculnya perasaan cemas yang secara berlebih.
  2. Mengkonsumsi sejumlah makanan yang memiliki rasa pedas.
  3. Mengalami demam atau bahkan ketika kondisi suhu tubuh menurun secara drastis.
  4. Menurunnya kadar gula darah seseorang tersebut.
  5. Serta obesitas. Hal ini dikarenakan kondisi tubuh yang gemuk biasanya lebih banyak mengeluarkan keringat jika dibandingkan dengan orang yang memiliki berat badan yang biasa.

Nah, guna mengatasi kondisi ini, dan untuk mengatasi hyperhidrosis sekunder, maka Anda bisa melakukan beberapa cara yang ampuh untuk mengatasi kondisi tersebut, salah satu cara yang memang harus Anda lakukan yaitu dengaan menggunakan deodorant.

Bukan hanya itu, namun Anda juga sangat dianjurkan untuk berkonslutasi dengan dokter. Tanyakan pada dokter, apakah kondisi yang Anda alami ini harus mendapatkan penanganan yang serius atau tidak. Dan biasanya, dokter akan memberikan Anda resep obat guna mengatasi kondisi tersebut, seperti obat antikolinergik. Bahkan jika perlu, Anda juga bisa melakukan injeksi botox, cara ini dilakukan pada beberapa bagian tubuh yang memang sering mengeluarkan keringat berlebih.

Namun selama kondisi ini tidak mengganggu aktivitas harian Anda, maka pencegahan atau menanganan secara alami sangat dianjurkan, terkecuali jika kondisi yang Anda alami ini sudah sangat mengganggu. Dan cara untuk mencegah terjadinya keringat berlebih terutama kondisi hyperhidrosis sekunder, maka Anda harus bisa menerapkan pola hidup yang sehat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517