Efek Positif Menggendong Bayi Bagi Orangtua Dan Perkembangan Bayi

Menggendong bayi merupakan salah satu aktivitas yang biasa dilakukan oleh para orangtua sebagai usaha untuk menenangkan bayi ketiika menangis. Akan tetapi tahukah Anda kalau aktivitas menggendong bayi mempunyai efek positif bagi perkembangan bayi. Selain itu, aktivitas ini juga akan memberikan manfaat bagi Anda sebagai orangtua. Maka dari itu Anda tidak boleh menganggap sepele dan seperlunya untuk menggendong bayi. Nah, pada kesempatan ini penulisĀ akan mengulas tentang manfaat menggendong bayi bagi orangtua dan perkembangan bayi.

Manfaat Menggendong Bayi

Manfaat Bagi Bayi

  • Bayi yang sering digendong jarang menangis atau kolik

Efek positif yang bisa Anda rasakan dari kebiasaan menggendong yaitu bayi akan lebih tenang dan jarang menangis. Bayi yang sering digendong cenderung lebih tenang dan merasa nyaman sehingga mereka tampak lupa untuk rewel. Bayi akan merasa lebih bahagia dan keinginan untuk menangis menjadi berkurang.

Bayi yang digendong cenderung akan mengurangi tangisannya melalui efek vestibular bayi. Stimulasi vestibular (menggoyang-goyangkan bayi ketika digendong) merupakan cara yang dinilai lebih efektif dalam membuat bayi tenang. Hal ini karena bayi akan merasakan suasana seperti didalam rahim. Karena gendongan menyerupai keadaan di dalam rahim maka hal ini memenuhi gaya pengasuhan yang membantu bayi untuk beradaptasi dengan lingkungan sehingga mengurangi keinginan bayi untuk rewel.

Menggendong bayi jangan hanya dijadikan sebagai cara untuk menenangkan bayi ketika rewel atau menangis. Akan tetapi Anda harus senantiasa untuk mengajak bayi bermain dengan menggendongnya dan tidak meletakkan di dalam tempat tidur atau kereta dorong.

  • Bayi yang digendong akan terstimulasi untuk belajar

Bayi yang merasa nyaman cenderung tidak akan menghabiskan banyak energi untuk menangis. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi perkembangan bayi karena energi yang dimilikinya lebih banyak digunakan untuk proses pertumbuhan dan belajar mengenali lingkungannya. Bayi yang digendong memperlihatkan peningkatan kewaspadaan visual dan pendengaran.

Baca Juga:  Ciri-ciri Lapar Palsu Pada Bayi Yang Harus Anda Ketahui

Keadaan tersebut tentunya akan memberikan kesempatan pada Anda sebagai orangtua untuk lebih banyak berinteraksi dengan bayi. Kondisi bayi yang tenang ketika digendong akan membuatnya lebih terstimulus untuk memiliki kemampuan dalam membuat pilihan serta kemampuan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya.

  • Meningkatkan perkembangan otak bayi

Kebiasaan menggendong bayi akan memberikan efek positif dalam meningkatkan perkembangan otak bayi. Pengalaman lingkungan akan menstimulus saraf-saraf untuk berkembang dan terhubung dengan saraf yang lainnya. Bayi yang sering digendong cenderung akan terbantu perkembangan otaknya sehingga membuat koneksi yang lebih baik. Hal ini karena bayi lebih banyak terlibat dalam stimulasi lingkungan sehingga otak bayi akan merekam banyak pengalaman yang dilihatnya.

Manfaat Bagi Orangtua

  • Meningkatkan ikatan batin antara orangtua dan bayi

Kebiasaan menggendong bayi tidak hanya bermanfaat bagi perkembangan bayi. Akan tetapi kebiasaan tersebut juga akan memberikan efek positif bagi Anda sebagai orangtua. Menggendong merupakan salah satu cara untuk mempererat ikatan batin dengan bayi. Cara ini sederhana tapi akan memberikan efek jangka panjang yang sangat bermanfaat bagi kehidupan keluarga Anda. Menggendong bayi akan merangsang terbentuknya naluri biologis sehingga Anda akan mempunyai kedekatan secara emosional dengan bayi. Hal ini tentunya akan meningkatkan kasih sayang terhadap bayi sehingga Anda lebih respon dalam memenuhi kebutuhan bayi.

  • Menciptakan pengasuhan yang penuh kasih sayang

Menggendong bayi beberapa jam setiap hari akan menciptakan suasana pengasuhan yang penuh kasih sayang. Hal ini karena kebiasaan dekat dengan bayi akan menstimulus naluri biologis Anda sehingga rasa kahih sayang senantiasa akan tumbuh dan Anda akan merasa tidak ingin jauh dari bayi. Pola pengasuhan yang penuh dengan kasih sayang tentunya akan membuat bayi tumbuh lebih baik tanpa mengalami kelainan apapun.

  • Membantu mengatasi keluhan pascapersalinan
Baca Juga:  Jenis Buah Yang Bagus Untuk Bayi Dalam Tahap MPASI

Kebiasaan menggendong bayi tidak hanya meningkatkan ikatan batin, akan tetapi akan membantu Anda dalam mengatasi berbagai macam keluhan setelah melahirkan seperti depresi. Seorang ibu yang mempunyai kebiasaan menggendong bayi akan terhindar dari depresi pascapersalinan. Hal ini karena kebiasaan menggendong bayi akan menstimulasi hormon keibuan sehingga akan memberikan efek menenangkan dan mengatsi depresi.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517