Efek Positif dan Negatif dari Homeschooling Bagi Anak-Anak

Homeschooling merupakan salah satu metode belajar yang dilakukan secara penuh di rumah bukan di lingkungan sekolah. Pada saat ini metode belajar tersebut mulai banyak diterapkan dan dipilih oleh para orangtua. Kebanyakan orangtua menganggap bahwa metode pembelajaran tersebut lebih efektif bila dibandingkan dengan pembelajaran disekolah. Akan tetapi apabila di kaji lebih dalam dan lebih teliti, metode pembelajaran ini memilki dampak positif dan negatif bagi perkembangan anak. Oleh karena itu bagi para orangtua sebaiknya mempertimbangkan terlebih dahulu efek positif dan negatifnya.

Efek Positif dan Negatif dari Homeschooling Bagi Anak-Anak

Efek Positif dari Homeschooling

Menjaga pergaulan anak

Salah satu manfaat atau efek positif dari homeschooling yaitu menjaga dan menghindari pergaulan yang tidak baik dan bisa membahayakan masa depan anak. Metode pembelajaran di rumah akan menghindarkan anak dari ancaman pergaulan yang buruk seperti merokok atau mengkonsumsi minuman beralkohol. Selain itu, dengan menerapkan metode pembelajaran di rumah akan menciptakan suasana penuh kasih sayang antara orangtua dan anak. Selain itu, dengan belajar di rumah anak akan lebih nyaman sehingga pelajaran akan mudah dimengerti oleh anak.

Menciptakan kebebasan dalam belajar

Metode pembelajaran homeschooling akan membuat anak lebih mudah dalam beradaptasi. Hal ini karena orang-orang yang ditemui anak merupakan orang-orang yang sudah dekat dengan mereka. Selain itu, metode pembelajaran ini akan membuat anak lebih nyaman dan tidak tertekan. Anak-anak akan memiliki kebebasan dalam belajar dan tidak akan merasa terbebani dengan aturan dan tugas seperti yang ada di sekolah formal.

Motivasi dan semangat belajar anak akan meningkat

Manfaat selanjutnya dari metode pembelajaran ini yaitu akan membuat anak lebih bersemangat dalam belajar. Anak akan merasa memiliki ruang dan waktu yang bebas untuk belajar dan melakukan sesuatu yang baru. Selain itu, anak akan mempunyai banyak kesempatan untuk mencoba hal-hal yang diminati dalam pelajaran. Kondisi tersebut akan membuat anak lebih termotivasi dan bersemangat dalam belajar.

Baca Juga:  Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Rambutan yang Harus Anda Ketahui

Efek Negatif dari Homeschooling

Anak tidak bisa bersosialisasi

Homeschooling memberikan dampak positif dan negatif bagi perkembangan anak. Salah satu dampak negatif dari metode pembelajaran ini yaitu anak akan mengalami kesusahan dan tidak bisa bersosialisasi. Anak akan bersifat individualis dan merasa paling hebat dalam segala hal. Selain itu, anak tidak akan bisa mengontrol kemampuannya sendiri. Anak-anak yang menjalani metode pembelajaran homeschooling cenderung tidak bisa bergaul sehingga tidak akan memiliki banyak teman.

Anak tidak memiliki kemampuan untuk berkompetisi

Anak-anak yang mendapat metode pembelajaran homeschooling cenderung tidak akan bisa mengontrol dan mengukur kemampuannya sendiri. Kondisi tersebut akan membuat anak tidak bisa bersaing atau berkompetisi dengan orang lain.

Anak tidak bisa mandiri

Efek negatif dari homeschooling akan menyebabkan anak tidak bisa mandiri dalam segala hal. Anak-anak tidak akan bisa terlepas dari kebiasaan bergantung pada orang lain. Ketika berada di luar lingkungan rumah, anak tidak akan bisa mengatasi permasalahan yang terjadi pada dirinya. Hal ini akan berdampak terhadap psikologis anak dan akan terbawa sampai anak dewasa. Efek negatif dari metode pembelajaran ini akan melahirkan anak manja dan selalu ingin di layani dalam segala hal.

Setelah mengetahui efek positif dan negatif dari metode pembelajaran homeschooling, sebaiknya Anda sebagai orangtua mempertimbangkan hal tersebut sebelum memilih metode pembelajaran untuk anak. Pada masa pertumbuhan, anak-anak tidak hanya membutuhkan pelajaran akan tetapi anak juga memerlukan lingkungan untuk bersosialisasi.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517