Efek Negatif Malas Melakukan Olahraga Pagi

Olahraga pagi merupakan salah satu kegiatan fisik yang berguna untuk kesehatan tubuh. Berbagai macam gerakan yang dilakukan akan memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan otot dan persendian. Banyak jenis olahraga yang bisa kita lakukan dari mulai jenis olahraga ringan hingga yang berat sekalipun. Disamping itu, waktu yang tepat untuk berolahraga sebaiknya dilakukan pada pagi hari sebelum bekerja. Udara ,pada pagi hari masih bersih dan segar sehingga akan membuat tubuh lebih sehat serta bugar. Anda akan lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas jika melakukan olahraga terlebih dahulu.

Namun banyak sekali orang yang malas untuk melakukan olahraga. Bukan karena tidak mengetahui manfaatnya, hanya saja banyak yang menyepelekan. Kebanyakan orang menganggap bahwa dirinya baik-baik saja dan sehat sehingga olahraga dinilai sebagai suatu kegiatan yang tidak perlu untuk dilakukan. Menyadari pentingnya berolahraga setelah kondisi tubuh ngedrop dan hal ini fakta yang sudah tidak asing lagi.

Bagi Anda yang mendambakan tubuh sehat serta terhindar dari resiko penyakit berbahay, maka sebaiknya mulai mengubah pola pikir untuk membiasakan olahraga pagi hari. Jika sudah menjadi kebiasaan maka kegiatan olahraga pagi akan terasa menyenangkan sehingga apabila terlewatkan akan menjadi sesuatu yang hambar dalam menjalani aktivitas harian.

Biasakan bangun pagi lebih awal dan sempatkan waktu untuk olahraga minimal 30 menit sebelum pergi ke kantor. Banyak sekali manfaat yang akan Anda peroleh jika kegiatan olahraga dilakukan secara rutin setiap hari. Nah, Bagi Anda yang merasa malas untuk melakukan kegiatan olahraga, berikut dampak negatif jarang olahraga bagi kesehatan tubuh:

  1. Menurunkan Imunitas Tubuh

Jarang bergerak dan berolahraga sangat rentan menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun sehingga beresiko terkena infeksi penyakit berbahaya. Penurunan imunitas tubuh bisa mengakibatkan penyakit ringan hingga berat. Biasanya jika imunitas tubuh menurun maka lebih mudah terkena penyakit seperti flu, batuk dan lebih mudah sakit.

  1. Berat Badan Tidak Terkontrol

Masalah kelebihan berat badan atau obesitas salah satunya dipicu oleh kebiasaan buruk jarang berolahraga. Akibat jarang bergerak maka lemak tubuh akan semakin menumpuk sehingga terjadi kenaikan berat badan secara tidak terkendali.

  1. Mudah Lelah

Kebiasaan jarang olahraga juga ternyata bisa menyebabkan tubuh mudah lelah. Bahkan ketika melakukan aktivitas ringan sekalipun, tubuh cenderung lebih mudah lemas. Maka dari itu biasakan untuk melakukan olahraga pagi sebagai upaya untuk meningkatkan energi.

  1. Stres Meningkat

Menurut pakar kesehatan mengemukakan bahwa olahraga merupakan salah satu aktivitas menyenangkan dan menyehatkan tubuh. Jarang berolahraga sangat rentan memicu stres akibat sirkulasi darah yang tidak lancar.

  1. Resiko Penyakit Berbahaya

Akibat terjadi penurunan imun tubuh karena jarang berolahraga maka hal ini menjadi salah satu pemicu timbulnya penyakit berbahaya dan mematikan seperti diabetes, kanker dan bahkan serangan jantung maupun stroke.

Untuk menghindari resiko berbahaya seperti yang disebutkan diatas, biasakan untuk melakukan olahraga secara rutin dan konsumsi makanan sehat setiap harinya. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This