Efek Jangka Panjang Dari Proses Operasi Caesar

Proses persalinan normal untuk saat ini sangat sulit di temukan, karena sebagian besar wanita lebih memilih melakukan proses persalinan dengan operasi caesar. Mengapa? Hal ini dikarenakan proses persalinan dengan operasi caesar di rasa lebih mudah juga tidak menyakitkan.

Namun jika di lihat dalam beberapa kasus, para ibu hamil memang harus melakukan persalinan dengan operasi caesar karena adanya kondisi tertentu dimana tidak memungkinkan untuk ibu hamil tersebut melakukan persalinan secara normal.

Namun, apakah Anda tahu, kalau operasi caesar memiliki bahaya operasi caesar? Jika demikian, apa saja bahaya operasi caesar bagi wanita hamil, yaitu sebagai berikut:

  1. Bekas luka

Resiko operasi caesar yang pertama yaitu akan meninggalkan bekas luka yang sangat sulit untuk di hilangkan. Di samping itu, Anda akan memiliki jaringan perut yang terbentuk di tempat sisi bekas operasi. Dan nantinya, jaringan perut ini bisa menimbulkan masalah. Jika demikian, bagaimana jika Anda diharuskan untuk melakukan operasi yang sangat penting lainnya di kemudian hari.

  1. Bed rest

Setelah Anda melangsungkan proses persalinan dengan cara caesar, maka Anda di wajibkan untuk mengambil waktu setidaknya 3 bulan untuk beristaraht dengan total setelah Anda melangsungkan proses operasi caesar. Satu hal yang harus Anda ingat, jangan pernah Anda menyepelekan proses penyembuhan ini, karena jahitan bekas operasi caesar tidak mudah untuk kering. Sehingga proses penyembuhannya pun memakan waktu yang cukup lama.

  1. Hernia

Hernia ini merupakan salah satu jenis [enyakit yang tumbuh karena adanya luka dalam yang ada pada tubuh Anda. Umumnya hal ini akan terjadi pada wanita yang telah melangsungkan proses operasi caesaw. Jika Anda tidak mengambil waktu istirahat yang cukup lama setelah Anda melangsungkan proses operasi caesar, maka Anda akan bereresiko terkena penyakit hernia ini. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar beristirahat setelah Anda melangsungkan operasi caesar.

  1. Sakit punggung

Sakit punggung menjadi salah satu keluhan yang sangat umum yang kerap terjadi karena adanya anestesi epidural. Namun hal ini juga bisa terjadi karena adanya jaitan. Ketika Anda tertawa atau bahkan ketika anda batuk, Anda akan merasakan nyeri seperti di gigit semut di bagian punggung. Dan hal ini akan menyebabkan sakit punggung.

Nah, itulah beberapa efek samping atau resiko yang akan Anda dapatkan setelah Anda melakukan operasi caesar. Walaupun dalam beberapa kasus seorang ibu hamil harus melakuakn jenis persalinan ini karena adanya kondisi tertentu. Namun jika tidak ada gangguan terhadap kehamilan Anda, dan Anda masih memungkinkan untuk melangsungkan proses persalinan normal, maka sebaiknya Anda memilih untuk melangsungkan proses persalinan yang normal. Agar beberapa resiko di atas tidak Anda alami setelah Anda melahirkan.

Related Posts

Share This