Efek Begadang Terhadap Kesehatan Ibu Hamil

Efek begadang memang tidak baik untuk kesehatan. Terlebih lagi jika kegiatan tersebut dilakukan pada waktu hamil maka akan berdampak negatif terhadap perkembangan janin di dalam kandungan. Akibat kebiasaan sering begadang maka tanpa disadari akan menurunkan imunitas tubuh sehingga ibu hamil lebih rentan sakit dan perkembangan janin terganggu.

Pola tidur yang baik pada waktu hamil memang menjadi fokus penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Ibu hamil senantiasa dianjurkan untuk memperbanyak waktu istirahat untuk menghindari kelelahan. Bahaya pola tidur yang tidak teratur memang sangat fatal untuk kesehatan ibu hamil dan juga janin yang ada didalam kandungan.

Ibu hamil sebaiknya memiliki waktu istirahat sekitar 8 jam setiap harinya dengan tidur malam dan juga menyempatkan untuk tidur siang. Dengan pola istirahat yang cukup maka kesehatan tubuh ibu hamil akan senantiasa terjaga dengan baik. Lalu apa bahaya begadang bagi ibu hamil?

Memicu Kontraksi Rahim

Akibat kurang tidur biasanya akan menyebabkan volume darah berkurang sehingga berakibat terhadap kelelahan. Nah, jika ibu hamil kelelahan maka kemungkinan resiko kontraksi dini bisa kapan saja terjadi. Akibat kontraksi tersebut maka bisa menyebabkan keguguran atau kelahiran bayi prematur. Terlebih lagi jika terjadi di trimester awal.

Menyebabkan Kelelahan

Jam tidur yang terbatas akan membuat ibu hamil cenderung kelelahan. Kemampuan sel darah putih akan menurun sehingga hal ini berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh. Jika terus menerus terjadi maka dampaknya terhadap kesehatan ibu hamil dan janin.

Tekanan Darah Meningkat

Begadang bisa memicu stres pada ibu hamil sehingga meningkatkan tekanan darah. Ibu hamil sengan kebiasaan begadang akan mengalami penyakit hipertensi sehingga hal ini mempengaruhi kesehatan janin di dalam kandungan.

Sakit Kepala

Malam hari adalah waktu yang tepat bagi tubuh untuk beristirahat. Ketika tidur terjadi regenerasi sel-sel yang rusak. Disamping itu, waktu tidur berguna untuk mengistirahatkan semua fungsi organ tubuh sehingga esok hari akan terasa lebih bugar. Namun jika begadang maka tubuh dipaksa untuk terus bekerja sehingga kondisi tersebut menyebabkan timbulnya sakit kepala pada ibu hamil.

Anemia

Produksi sel darah merah akan terganggu akibat sering begadang. Nah, hal inilah yang menjadi salah satu penyebab timbulnya anemia pada ibu hamil. Anemia sangat beresiko terhadap pertumbuhan janin dan bahkan beresiko keguguran. Pada dasarnya jika darah berkurang maka asupan nutrisi dan oksigen untuk janin akan terganggu.

Nah, itulah beberapa bahaya begadang bagi ibu hamil. menjaga pola tidur yang baik selama hamil dalah kunci sukses kehamilan sehat. Biasakan untuk tidur lebih awal dan hindari hal-hal yang bisa mengganggu tidur Anda. Selain itu, jangan terlalu lama tidur pada siang hari karena bisa menyebabkan Anda terjaga di malam hari.

Related Posts

Share This