Efek Aneh Selama Menjalani Masa-masa Kehamilan

Dalam menjalani masa kehamilan, tentunya Anda akan dihadapkan dengan berbagai macam perubahan yang bersifat fisik dan psikis. Kondisi ini memang hal yang wajar terjadi pada ibu hamil. Bahkan ada beberapa efek yang menurut Anda dirasa cukup aneh. Terlebih lagi jika kondisi tersebut terjadi pada masa masa kehamilan pertama yang Anda jalani.

Adanya perubahan hormone akan membawa dampak terhadap kebiasaan Anda pada waktu hamil. Kondisi tersebut tentunya akan terasa berbeda sekali jika dibandingkan sebelum hamil. Anda dituntut untuk bisa beradaptasi dengan kondisi tersebut sehingga masa kehamilan yang Anda jalani akan terasa sangat menyenangkan.

Inilah Efek Aneh Selama Masa Kehamilan

  1. Berkeringat Dalam Jumlah Yang Banyak

Adanya perubahan hormone pada waktu hamil akan mempengaruhi suhu tubuh Anda. Sebagian besar ibu hamil merasakan kegerahan yang luar biasa sehingga senantiasa berkeringat dalam jumlah banyak. Bahkah ketika melakukan aktivitas kecil saja, ibu hamil sangat rentan berkeringat dan merasa sangat kepanasan.

Kondisi badan yang mengeluarkan keringat berlebih adalah hal yang wajar sebagai rekasi dari metabolisme tubuh. Disamping itu, peningkatan sirkulasi darah yang lebih besar cenderung membuat tubuh akan lebih mudah untuk berkeringat. Untuk mengatasi hal ini, gunakanlah pakaian yang berbahan dasar katun supaya bisa menyerap keringat dan tidak menyebabkan panas berlebih.

  1. Keluarnya Cairan Dari Vagina

Adanya cairan putih bening ataupun kekuningan yang keluar dari liang vagina merupakan hal yang wajar pada waktu hamil. Cairan tersebut tidak berbahaya dan akan terus keluar hingga beberapa hari setelah persalinan. Cairan tersebut dikatakan tidak berbahaya apabila tidak mengeluarkan bau busuk dan tidak menimbulkan rasa gatal.

Peningkatan hormone merupakan salah satu pemicu keluarnya cairan tersebut. Dalam membersihkan vagina, sebaiknya Anda menghindari penggunaan sabun karena bisa mempengaruhi pH pada vagina. Biasakan untuk rutin mengganti celana dalam supaya tidak terjadi perkembangbiakan bakteri.

  1. Spontan Mengompol

Kebutuhan cairan pada waktu hamil memang akan meningkat menjadi lebih banyak sebagai upaya mencegah dehidrasi. Nah, hal ini lah yang mungkin akan membuat Anda sering buang air kecil. Bahkan tanpa disadari, terkadang Anda akan mengalami kebiasaan aneh yaitu ngompol ketika tertawa atau bersin.

Kebiasaan lepas kontrol tersebut memang bukan hal yang aneh, namun Anda bisa menyiasatinya dengan sering pergi ke kamar mandi untuk pipis. Dengan begitu maka akan meminimalisir kebiasaan pipi secara spontan saat sedang tertawa atau bersin. Cara lain untuk mencegah hal ini yaitu dengan melakukan senam kegel untuk melatih otot vagina.

Itulah efek aneh yang mungkin Anda alami ketika hamil. Kebiasaan tersebut memang hal yang wajar adanya. Anda tidak perlu khawatir dan berusahalah untuk tetap tenang. Lakukan tindakan yang benar untuk mengatasi hal tersebut sebagai antisipasi ketika berada di tempat umum.

Related Posts

Share This