Do’a Menjelang Persalinan Supaya Diberi Kelancaran

Memasuki usia kehamilan trimester ketiga, biasanya ibu hamil mulai merasa cemas untuk menghadapi proses persalinan. Terlebih lagi bagi ibu muda yang baru pertama kali menjalaninya. Menjelang persalinan banyak hal yang harus Anda persiapkan, baik itu dari segi fisik, mental maupun finansial untuk menunjang proses persalinan supaya berjalan lancar dan normal.

Persiapan mental adalah salah satu hal yang sangat penting menjelang persalinan. Salah satu cara yang bisa ibu hamil lakukan yaitu dengan mendekatkan diri pada Sang Pencipta dan berdoa supaya proses yang akan dijalani berjalan lancar tanpa hambatan apapun. Bagi Anda yang beragama muslim, sebaiknya melafalkan do’a persalinan untuk menguatkan mental dan menenangkan bathin.

  1. Do’a pada waktu hamil

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kehamilan yaitu dengan memperhatikan asupan nutrisi, rutin berolahraga dan menjauhi hal-hal yang bisa membahaykan kehamilan. Disamping itu, untuk menjaga kehamilan dari segi rohaniyah, Anda bisa melafalkan dan membaca do’a-do’a ketika hamil. Berikut do’a ketika hamil yang bisa Anda lafalkan!

“Rabbana hablana min azwaajinaa wa dzurriyyatinaa qurrota a’yun”

Artinya yaitu: Ya Allah anugerahkanlah pada kami, istri-istri dan keturunan yang bisa menjadi penenang hati. Dan jadikan kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa.

Do’a tersebut bisa dilafalkan oleh Anda maupun suami untuk mengharap kepada Allah supaya dikasih keturunan yang sholeh dan berbakti kepada kedua orangtua, agama, nusa serta bangsa. Wiridkan do’a tersebut secara rutin supaya senantiasa selalu diberi yang terbaik oleh Sang Pencipta.

  1. Do’a menjelang persalinan

Ketika Anda sudah mengetahui waktu persalinan semakin dekat, maka untuk membuat suasana hati menjadi tenang, mohonlah kepada Sang pencipta supaya diberi kelancaran dalam segalanya. Adapun do’a yang bisa Anda lafalkan yaitu sebagai berikut:

Hanna waladat maryama, wamaryama waladat iisa, ukhruj ayyuhal mauludu biqudrotil malikil ma’budi”

Artinya: Hana telah melahirkan maryam, dan maryam telah melahirkan isa, maka keluarlah hai anakku dengan sebab kekuasaan Allah yang disembah.

  1. Do’a setelah melahirkan

Setelah bayi Anda lahir, maka segeralah minta suami Anda untuk mengadzaninya. Kemudian Anda bisa melafalkan do’a-do’a setelah melahirkan untuk mengucap syukur kepada Yang Maha Kuasa. Do’a yang bisa Anda lafalkan yaitu:

“innii u’iidzuhaa bika wadurriyyathaa minas syaithonirrojiimii, Allahumma baariklanaa walihaadzal waladii fii hayaatihii wa thowwil ‘umruhu bi thoo’atika Ya Arhamar Roohiimiin”

Artinya: sesungguhnya aku memohon pertolongan untuk dia, serta anak-anak keturunannya kelak kepada pemeliharaan Engkau dari godaan dan muslihat syaithon yang terkutuk. Dan berilah keberkahan pada kami dan anak ini , dan panjangkanlah umurnya dengan senantiasa taat kepada-Mu wahai Dzat Yang Maha Penyayang.

Demikian do’a menjelang persalinan dan do’a ketika melahirkan yang bisa Anda lafalkan. Semoga bermanfaat dan proses persalinan yang Anda jalani diberi kelancaran dan kemudahan oleh Yang Maha Kuasa.

Related Posts

Share This