Dikira Sariawan, Ternyata Joshua Mengalami Kanker Di Usianya yang Masih Dini

Kisah yang menyedihkan bermula di awal tahun ini, tepatnya di London. Dimana seorang bocah laki-laki yang bernama Joshua Walters mengeluhkan keadaan pipinya yang terus-menerus terasa nyeri. Dan dikira hanya sebatas sariawan, maka Joshua hanya diberikan obat antibiotik.

Namun sangat di sayangkan, setelah diberikan antibiotik, bukannya mengalami kesembuhan Joshua malah semakin mengeluhkan perih di bagian pipi yang tak kunjung hilang. Bahkan dari hari ke hari, rasa sakit yang di keluhkan Joshua semakin menjadi.

“Hampir tiap malam, ia terbangun dari tidur dan berteriak kesakitan selama dua jam. Tapi Josh tak mungkin menangis hanya karena sariawan kecil, jadi saya tahu ada yang serius dengannya,” ungkap sang ibu, My Linh yang di kutip dari health.detik.

Dan menduka kalau putranya ini memiliki tumor yang bersarang di wajahnya terutama di bagian pipi, Linh akhirnya langsung mengajak sang suami, Matt untuk membawa putranya ke Queen Elizabeth Hospital, Woolwich, London Selatan. Dan akhirnya, disanalah dugaan Linh akhirnya bisa terbuktikan. Dari hasil CT scan menunjukkan, bahwa adanya benjolan abnormal yang terdapat di bagian pipi Joshua.

Setelah itu, akhirnya bocah malang itu dirujuk ke St George’s Hospital untuk dibiopsi. Dan di sanalah Joshua baru bisa di diagnose bahwa dirinya mengidap sebuah kanker jaringan lunak langka, yang memang disebut juga dengan ’embryonal rhabdomyosarcoma’.

Tumor ini dinyatakan bersarang tepat di bagian belakang hidung serta matanya, dan ternyata secara perlahan tumor ini berhasil menggerogoti tulangnya. Hanya saja, dikarenakan letak dari tumor itulah, tim medis akhirnya mengatakan kalau tindakan operasi terlalu beresiko untuk Joshua yang masih berusia dini ini, sehingga tim medis hanya bisa mengarahkan agar Joshua menjalani serangkaia proses kemoterapi. Setidaknya upaya ini diyakini bisa mencegah penyebaran kanker ke bagian organ tubuh lainnya.

“Mendengar kabar ini rasanya sungguh mengerikan. Anda tentu tak pernah berpikir hal ini akan terjadi pada anak Anda,” tutur Linh.

Untuk proses kemoterapi ini, dilaksanakan di Royal Marsden Hospital, London barat daya. Dikarenakan proses terapi ini, akhirnya Linh memutuskan untuk Joshua tidak sekolah terlebih dahulu, yang memang seharunya sudah dimulai sejak awal bulan ini.

Sembari menunggu hasil, Linh juga diberitahu oleh tim medis, bahwa satu-satunya cara yang mungkin saja bisa menyelamatkan nyawa putra tercintanya, yaitu dengan melakukan kemoterapi proton.

Dalam proses terapi ini, sejumlah sel kanker yang bersarang di wajah Joshua akan disinari dengan proton atau disebut dengan partikel yang memiliki muatan positif. Dan proton ini juga bisa dikendalikan dengan baik, agar cahanya dan energinya hanya bisa mengarah ke bagian tumor, sehingga tidak mempengaruhi sejumlah sel sehat yang ada di sekitarnya. Namun sayangnya, terapi jenis ini hanya bisa Joshua dapatkan di AS saja.

Dan betapa beruntungnya Joshua, karena banyak orang yang sangat berempati terhadap dirinya, bahkan proses penggalangan dana untuk kesembuhan Jhosua akhirnya berlangsung sangat cepat. Dan baru-baru ini Linh menyampaikan, bahwa dana yang diperuntukkan untuk mengirim Joshua ke Amerika telah terkumpul. Rencananya keluarga Linh akan berangkat ke Oklahoma, yaitu tempat dimana proses terapi itu berada pada akhir bulan Oktober ini.

Kendati demikian, dana yang terkumpul hanya cukup untuk pengobatan Joshua saja. Sedangkan untuk biaya hidup mereka di sana sampai saat ini masih belum tertanggung dengan baik, padahal terapi ini akan di jalani Joshua selama 10 pekan.

“Saat ini kami menggalang dana lagi lewat GoFundMe karena kami tak punya biaya untuk hidup di sana,” pinta Linh.

Jika nanti dana yang dibutuhkan sudah benar-benar terkumpul, Linh juga mengaku bahwa dirinya akan menyumbangkan kelebihan dananya untuk yayasan kanker seperti CLIC Sargent, Oak Centre for Children and Young People, dan rumah sakit yang merawat Joshua: Royal Marsden Hospital, dan Queen Elizabeth Hospital.

“Josh telah melewati berbagai hal di usianya yang masih sangat muda. Tapi ia tetap berpikir positif, pemberani, dan ceria,” tutup Linh.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517