Diet Yang Baik Untuk Kesehatan Anak

Kelebihan berat badan pada anak-anak bisa berpengaruh pada kesehatan fisik dan mental. Anak yang mengalami kelebihan berat badan (obesitas) rasa percaya dirinya akan menurun dan itu akan menjadi tekanan mental bagi mereka sehingga bisa menjadi penghambat dalam pertumbuhan dan perkembangannya. Obesitas dapat mengakibatkan diabetes tipe 2 dan tekanan darah pada anak di usia selanjutnya. Obesitas merupakan suatu keadaan dimana berat badan seseorang melebihi berat badan yang ideal.

Kebiasaan makan yang tidak teratur pada anak merupakan salah satu pemicu kelebihan berat badan (obesitas). Seringnya anak-anak mengkonsumsi makanan cepat saji atau junkfood merupakan salah satu penyebab kelebihan berat badan atau obesitas. Selain itu, anak lebih suka jajanan yang kurang sehat yang mengandung pemanis dan pewarna buatan sehingga hal ini menjadi pemicu terjadinya obesitas pada anak. Dalam hal ini perhatian orang tua sangat diperlukan untuk menjaga dan mengatur pola makan dan asupan nutrisi supaya anak tidak mengalami obesitas.

Diet yang baik untuk kesehatan anak

Mengatasi kelebihan berat badan (obesitas) pada anak bisa anda lakukan dengan menerapkan diet pada anak dan membiasakan supaya anak mau berolahraga. Diet untuk anak maksudnya bukan mengurangi jumlah makanan yang harus di konsumsi oleh anak-anak. Akan tetapi diet yang di maksud di sini adalah mengatur pola makan dan asupan nutrisi serta mengatur kebiasaan makan anak. Asupan kalori harus disesuaikan dengan kebutuhan anak. Ada beberapa hal yang bisa di lakukan untuk menjaga berat badan anak anda supaya tidak berlebih (obesitas).

Pola Makan

Makanan yang di berikan untuk anak harus bergizi, berimbang dan beragam. Makanan tidak hanya untuk membuat kenyang, akan tetapi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Biasakan supaya anak makan makanan yang beragam seperti buah-buahan, sayuran, daging, sumber karbohidrat, protein dan susu. Selain itu makanan yang diberikan untuk anak harus berimbang dan tidak boleh berlebihan, terutama lemak dan karbohidrat karena itu bisa menjadi pemicu anak kelebihan berat badan. Cukupilah kebutuhan gizi anak dengan memberikan makanan yang sehat dan teratur. Kurangi asupan makanan yang mengandung lemak tinggi dan makanan yang manis.

Sarapan Sehat

Biasakan supaya setiap pagi anak anda sarapan dengan menu yang sehat. Anda bisa memberinya sereal dan susu rendah lemak serta di tambah dengan buah-buahan.

Makanan Ringan

Makanan ringan seperti roti gandum yang diisi tomat dan mentimun bisa di jadikan sebagai makanan yang sehat dan bergizi untuk cemilan anak anda. Hindarkan anak dari ngemil makan seperti snack karena itu bisa menjadi pemicu berat badan yang berlebih pada anak.

Hindarkan Anak dari Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji umumnya tidak mengandung nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan anak. Kandungan lemak yang tinggi dalam makanan cepat saji justru menjadi pemicu terjadinya obesitas. Kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji akan meningkatkan resiko terjadinya kelebihan berat badan  pada anak. Maka dari itu peran serta orangtua sangat dibutuhkan untuk mengajarkan anak supaya menghindari makanan yang akan merugikan kesehatan.

Makan Sayuran

Mengajarkan kebiasaan makan sayuran merupakan salah satu cara diet pada anak untuk menjaga supaya berat badan anak tidak berlebih. Kebanyakan anak-anak tidak menyukai sayuran, maka dari itu anda harus kreatif dalam menyajikan sayuran agar anak terbiasa untuk makan sayur.

Kurangi Minuman Bersoda dan Manis

Minuman bersoda dan manis cenderung mengandung gula yang sangat tinggi, hal ini tentunya akan menyebabkan berat badan yang berlebih pada anak. Mengatasi hal itu anda bisa mengganti minuman tersebut dengan jus buah untuk anak.

Olahraga

Anak yang tidak banyak aktivitas gerak cenderung sekali untuk kelebihan berat badan. Untuk mencegah hal itu makan bisa membiasakan dan mengajak anak untuk rajin berolahraga. Berolahraga akan membakar kalori dalam tubuh dan mencegah penumpukan lemak.

Kelebihan berat badan pada anak bisa diatasi dengan menerapkan pola hidup serta pola makan yang sehat. Melakukan diet yang baik untuk kesehatan anak akan menghindarkan dari kelebihan berat badan (obesitas) pada anak dan membuat pertumbuhannya tidak akan terganggu.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517