Di Perkembangan Anak Usia 3 Tahun, Bunda Bisa Ajarkan Si Kecil Mandiri

Si kecil berusia 3 tahun? Nah, inilah saatnya bunda mengetahui perkembangan anak usia 3 tahun dan saatnya yang tepat pula untuk bunda mengajarkan si kecil mandiri.

Di usia 3 tahun ini bunda bisa mengajarkan si kecil berbagai macam hal, dimulai dari cara berpakaian sendiri, makan sendiri, mandi sendiri, dan masih banyak lagi. Namun itu bukan artinya bunda harus membiarkan si kecil begitu saja, ketika anak usia 3 tahun, bunda bisa mengajarkannya cara untuk mandiri namun tetap ada dalam pengawasan bunda.

Lantas, bagaimana cara mendidik anak usia 3 tahun agar bisa mandiri? Ingin tahu caranya? Yuk mari simak beberapa cara agar bunda bisa menjadikan si kecil pribadi yang mandiri, yaitu sebagai berikut:

  1. Berpakaian Sendiri

Sejak kecil pastinya bunda akan membantu si kecil untukmenggunakan pakaiannya. Akan tetapi, si kecil akan mulai memiliki keinginan untuk menggunakan pakaiannya sendiri ketika usianya 3 tahun. Nah, jika hal tersebut terjadi, bunda bisa mengajarkan si kecil untuk menggunakan pakaian sendiri dengan cara memilih pakaian yang mudah untuk di gunakan terlebih dahulu. Mungkin si kecil akan sedikit mengalami kesulitan, namun bunda harus tetap membantunya dengan penuh kesabaran.

  1. Makan Sendiri

Jika si kecil mulai bersikeras untuk makan sendiri namun makannya berantakan, maka itu merupakan salah satu pertanda bahwa si kecil sudah siap untuk belajar makan sendiri. Jika si kecil memilih makanannya dengan sendiri, maka bunda bisa menyimpan makanan yang dipilihnya dalam satu wadah dan biarkanlah si kecil mengambilnya sendiri. Bunda harus membuat campuran makanan antara buah juga sayur, dan bunda bisa mengganti keju dengan jelly untuk menambah selera makan si kecil.

  1. Berteman

Anak usia 3 tahun biasanya sudah mau untuk berteman dengan teman di sekitarnya. Namun ia tetap membutuhkan bantuan dari bunda. Bunda bisa membuat agenda bermain dengan beberapa kelompok kecil di sekitar rumah bunda. Namun biasanya anak 3 tahun ingin bermain dengan banyak orang daripada hanya dengan satu kelompok saja. Jika si kecil banyak bergaul, secara tidak langsung ia tengah membangun hubungan sosialnya, karena bermain juga bisa mengajarkan mereka terhadap nilai positif, seperti berbagi juga empati.

  1. Belajar Bahasa

Anak di usia ini biasanya sangat banyak bicara. Karena setidaknya si kecil yang berusia 3 tahun sudah mulai menguasai 300 kosa kata, dan ia sudah mulai bisa bicara dalam satu kalimat utuh walaupun masih belum jelas. Ketika si kecil duduk, diam-diam ia akan memperhatikan orangtuanya berbicara dan setelah itu mereka merekamnya di dalam otak. Maka dari itu, penting bagi bunda untuk mengembangkan kemampuan bahasa si kecil.

  1. Membersihkan Rumah

Ternyata si kecil sangat suka membantu pekerjaan rumah bunda. Jika demikian, maka bunda bisa memberikan si kecil sedikit tanggung jawab untuk membuat makan malam serta membersihkannya. Karena hal tersebut bisa membuat si kecil merasa bahagia dan merasa kalau ia merupakan bagian dari keluarga. Namun tetap, bunda harus memperhatikan cara si kecil dari membersihkannya. Dan bunda juga jangan memberikan pekerjaan rumah yang terlalu rumit dan berat, karena hal ini akan membuatnya menjadi frustasi. Bunda bisa mengajarkan si kecil pekerjaan rumah yang sederhana, seperti menyimpan pakaian kotor ke dalam keranjang atau bahkan membersihkan mainannya ketika ia sudah selesai bermain.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517