Deteksi Dini dan Kenali Gejala Awal Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan salah satu tumor ganas yang bisa menyerang wanita tanpa memandang usia. Jenis tumor ini tidak hanya menyerang jaringan payudara akan tetapi akan menjalar ke bagian tubuh yang lainnya apabila tidak segera dilakukan penanganan. Kanker payudara adalah penyakit yang sangat berbahaya bagi wanita. Pada kebanyakan kasus, kanker ini tidak menunjukan gejala yang serius di awal kemunculannya sehingga hal tersebut tidak disadari oleh kebanyakan wanita.

Deteksi Dini dan Kenali Gejala Awal Kanker Payudara

Mewaspadai dan mendeteksi gejala kanker payudara sejak dini akan mencegah terjadinya pertumbuhan sel kanker yang menjalar ke bagian tubuh yang lain. Selain itu, apabila mengetahui gejala awal lebih cepat maka akan sangat mudah untuk melakukan penanganan dan pengobatan. Oleh karena itu, penting sekali bagi wanita untuk mengetahui tanda peringatan dan gejala awal dari munculnya kanker payudara. Pada kesempatan ini, penulis akan mengulas dan berbagi informasi mengenai tanda-tanda awal munculnya gejala kanker payudara pada wanita. Apa saja gejala awal dari kanker tersebut? Berikut ini ada beberapa poin mengenai gejala awal dari kanker payudara.

Adanya perubahan pada payudara

Gejala awal dari kanker payudara yang bisa Anda kenali adalah adanya perubahan yang tidak biasanya (abnormal) pada payudara. Perubahan yang terjadi biasanya terjadi pada putting susu yang mengalami perubahan bentuk seperti tertekan ke bagian dalam dan tidak kembali pada posisi semula ketika diberi rangsangan. Posisi putting menunjuk kebawah sedangkan posisi normalnya adalah menghadap lurus. Selain itu, Adany cairan yang keluar dari dalam putting selain air susu.

Tanda abnormal lain sebagai gejala awal dari kanker payudara adalah adanya perubahan ukuran payudara yang tidak biasanya yaitu salah satu payudara ukurannya menjadi besar atau membengkak. Kemudian terjadi iritasi pada kulit sekitar payudara dan putting. Kemudian terdapat benjolan kecil disekitar areola. Selain itu, terjadinya perubahan warna kulit payudara merupakan salah satu gejala awal kanker payudara. Tekstur kulit payudara menebal atau mengeras seperti kulit jeruk dan bahkan terjadi peradangan.

Adanya benjolan pada payudara

Pada dasarnya benjolan yang terdapat pada payudara adalah hal yang biasa terjadi pada wanita yang sedang menstruasi. Kondisi tersebut diakibatkan oleh pengaruh hormon estrogen pada waktu menstruasi. Akan tetapi apabila benjolan tersebut muncul ketika tidak sedang menstruasi dan terjadi pembesaran maka Anda harus segera melakukan pemeriksaan dan konsultasi dengan dokter untuk mencegah kemungkinan buruk terjadi.

Banyak wanita yang tidak menyadari dengan gejala awal dari munculnya kanker payudara. Hal tersebut terjadi karena aktivitas yang terlalu sibuk sehingga tidak menyadari setiap perubahan yang terjadi. Salah satunya yaitu perubahan abnormal pada payudara yang merupakan gejala awal adanya kanker payudara.

Benjolan yang abnormal biasanya terasa lebih keras dan berbeda dari biasanya. Teksturnya yang keras menyerupai kerikil atau buah anggur. Awalnya benjolan yang mucul berukuran kecil, akan tetapi lama kelamaan akan berkembang menjadi besar. Gejala lain yang muncul yaitu payudara yang mengalami penyusutan, pembengkakan pada payudara yang disertai rasa nyeri dan berlangsung dalam waktu yang lama.

Demikian beberapa gejala awal dari kanker payudara. Apabila Anda mendapati perubahan yang tidak biasanya (abnormal) pada payudara sebaiknya segera lakukan pemeriksaan dan berkonsultasi dengan dokter. Deteksi dini kanker payudara akan memudahkan dalam penanganan dan mengobati kanker tersebut. Selain itu, bagi wanita sebaiknya menghindari kebiasaan dan gaya hidup yang buruk supaya terhindar dari penyakit yang mematikan tersebut.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517