Daun Sambung Nyawa, Jenis Tanaman Dengan Segudang Manfaat

Daun sambung nyawa, salah satu jenis tanaman yang memiliki nama unik ini memang kerap kali di gunakan sebagai obat guna mengatasi berbagai jenis penyakit. Bahkan, sudah sejak dulu tanaman ini dipercaya untuk mengatasi berbagai jenis penyakit yang serius, seperti penyakit hipertensi, maag, sampai penyakit kolesterol.

Bukan hanya itu, bahkan sudah lama juga industry nasional hendak menjadikan daun sambung nyawa ini untuk di produksi secara masal, yang nantinya akan dibuat dalam kemasan, sehingga manfaat yang dimiliki oleh jenis tanaman ini bisa di rasakan oleh banyak orang.

Bukan hanya di gunakan untuk obat, namun banyak juga diantaranya masyarakat yang menjadikan tanaman ini sebagai lalapan, hal ini dikarenakan rasa dari tanaman ini yang enak juga khas.

Sama halnya dengan jenis sayuran lainnya, daun sambung nyawa ini enak di buat lalapan yang di santap bersamaan dengan sambal atau bahkan di buat menjadi urap, yang mana merupakan salah satu jenis makanan tradisional yang sangat popular.

Bukan hanya enak untuk di jadikan lalapan, ternyata daun sambung nyawa ini juga sangat efektif dalam mengobati luka yang diakibatkan oleh sengatan lebah, hal ini dikarenakan daun sambung nyawa memiliki kandungan zat tertentu yang mana bisa meminimalisir timbulnya bengkak yang diakibatkan oleh sengatan lebah tersebut.

Daun sambung nyawa juga memiliki kandungan zat yang sangat berguna, seperti saponin, flavonoid, dan juga alkaloid yang memang mampu menurunkan tekanan darah tinggi dalam tubuh. Dan pernyataan ini juga diamini oleh sejumlah ilmuwan setelah dilakukannya pembuktian dengan berbagai penelitian yang memang telah mereka lakukan dalam membuktikan manfaat yang dimiliki oleh daun sambung nyawa ini.

Baca Juga:  Organ Tubuh Yang Rusak Akibat Asap Rokok

Dan berikut ini ada manfaat yang memang dimiliki oleh daun sambung nyawa, diantaranya yaitu:

Meredakan Hipertensi

Jika Anda menderita hipertensi, maka Anda bisa memanfaatkan daun sembung nyawa guna menurunkan tekanan darah tinggi Anda. Caranya mudah, Anda cukup mengkonsumsinya secara langsung layaknya lalapan, hal ini dikarenakan rasanya yang enak juga berkhasiat tinggi.

Jika Anda enggan untuk mengkonsumsinya secara langsung, maka Anda juga bis amengolahnya menjadi jus, ditumis atau bahkan di kukus. Namun jika Anda hendak mengkukus daun sambung nyawa, kukuslah dalam waktu yang singkat. Karena jika terlalu lama, maka kandungan zat yang ada di dalamnya bisa hilang.

Penawar Rasa Sakit

Guna mengatasi rasa sakit yang diakibatkan oleh gigitan serangga atau lebah, maka Anda cukup menumbuknya sampai teksturnya benar-benar halus, setelah itu tambahkan sedikit air kedalam tumbukan daun sambung nyawa tersebut.

Setelah itu, Anda aplikasikan tumbukan daun sambung nyawa pada bagian luka bekas sengatan lebah atau gigitan serangga. Maka, dalam waktu singkat, bekas luka serta rasa sakit yang Anda rasakan akan hilang dengan sendirinya tanpa harus menggunakan obat-obatan kimia.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517