Daun Sambiloto, Si Pahit Dengan Sejuta Manfaat

Daun sambiloto memang di kenal dengan rasanya yang khas, yaitu rasa pahit. Akan tetapi, ternyata di balik rasa pahit tersebut tersimpan sejuta manfaat yang sangat luar biasa yang dimiliki oleh daun sambiloto ini, terutama untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Dikarenakan manfaatnya yang sangat luar biasa, maka daun sambiloto yang memiliki nama ilmiah Andrographis paniculata menjadi salah satu tanaman yang memang banyak di pilih atau dijadikan laternatif bagi mereka yang memang lebih memilih mengatasi masalah kesehatan dengan menggunakan obat-obatan tradisional.

Manfaat dan Kandungan Daun Sambiloto

Jika kita berbicara mengenai manfaat yang dimiliki oleh daun sambiloto ini, maka kita juga harus mengetahui beberapa zat juga nutrisi yang memang terkandung pada jenis daun ini. Dan salah satu zat yang terkandung pada daun smabiloto ini yang memang memiliki manfaat yang sangat luar biasa yaitu zat antioksidan, dalam hal ini adalah flavonoid.

Bahkan, sebuah penelitian juga menunjukkan, bahwa daun sambiloto ini juga memiliki kemampuan dalam menghambat proses oksidasi yang memang di picu oleh radikal bebas yang menyerang tubuh. Dengan kata lain, kita bisa memanfaatkan daun sambiloto ini sebagai salah satu tanaman yang di gunakan untuk mencegah munculnya penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung kroner atau bahkan penyakit metabolik seperti diabetes mellitus.

Bukan hanya itu, ternyata penggunaan dari ekstrak daun sambiloto juga sangat berguna dalam meningkatkan kesempatan sel hepar dalam melakukan regnerasi. Regnerasi ini digunakan sebagai pengganti sel hepar yang telah rusak.

Bukan hanya itu, daun sambiloto juga bisa bekerja dalam memperbaiki kerusakan sejumlah organ hepar yang diakibatkan oleh toksisitas BHC, dengan cara meningkatkan statuz enzim antioksidan yaitu glutation. Bukan hanya di gunakan sebagai antioksidan, daun sambiloto ini juga bermanfaat untuk mengatasi diare, disentri, radang saluran pernapasan, radang paru, demam, dan masih banyak lagi jenis penyakit yang memang bisa di atasi dengan menggunakan daun sambiloto ini.

Pengolahan Daun Sambiloto

Untuk mengolah daun sambiloto sendiri, salah satu cara yang bisa Anda lakukan dalam mengolah sambiloto ini yaitu dengan cara mengeringkannya terlebih dahulu daun sambiloto yang sudah disiapkan, kira-kira sebanyak 10-20 gram, setelah itu Anda bisa merebusnya secara langsung atau bahkan bisa Anda giling terlebih dahulu hingga halus, dan setelah itu baru Anda seduh dengan menggunakan air matang yang panas.

Setelah itu, Anda minum seduhan daun sambiloto ini secara teratur, yaitu sekitar 3-4 kali dalam satu hari. Atau jika Anda enggan untuk meminum rebusan air sambiloto ini, Anda bisa memasukkan daun sambiloto yang sudah di haluskan kedalam kapsul, lalu konsumsilah.

Untuk kapsul sendiri, Anda dianjurkan untuk mengkonsumsinya sebanyak 4-6 tablet dalam satu hari. Sedangkan untuk pengobatan dari luar seperti untuk mengatasi luka, Anda bisa merebus daun sambiloto ini, lalu gunakan air rebusannya untuk mencuci kaki. Atau bahkan, Anda bisa menggilingnya sampai halus, lalu daun yang sudah di haluskan tersebut dibubuhkan pada tempat yang dirasa sakit, seperti bekas luka, bisul atau bahkan gatal.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517