Daun Kemangi Memiliki Banyak Khasiat dan Manfaat Bagi Kesehatan

Kemangi merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki aroma khas. Kemangi biasanya digunakan sebagai sayuran pelengkap dalam sajian makanan. Dibalik rasanya yang khas ternyata kemangi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Akan tetapi banyak orang yang tidak menyadari akan manfaat kemangi untuk kesehatan. Lalu apa saja khasiat kemangi untuk kesehatan? Pada kesempatan ini penulis akan berbagai informasi mengenai manfaat mengkonsumsi daun kemangi.

Daun Kemangi Memiliki Banyak Khasiat dan Manfaat Bagi Kesehatan

Khasiat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

Obat demam. Daun kemangi bisa digunakan sebagai obat demam. Kemangi mengandung fitonutrien yang sangat efektif dan berguna untuk menyembuhkan demam, baik itu demam malaria atau demam berdarah. Cara membutanya yaitu direbus dengan kapulaga dan dicampur sedikit gula. Selain itu kemangi juga mengandung vitamin C yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh.

Mengobati gangguan pernapasan. Kemangi berkhasiat dalam mengatasi masalah pernapasan seperti influenza atau brokitis. Cara membuatnya yaitu direbus dengan campuran air jahe dan madu.

Menjaga dan merawat kesehatan mata. Manfaat daun kemangi yang selanjutnya yaitu untuk kesehatan mata. Kemangi mengandung vitamin A yang berguna untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A yang terdapat pada kemangi memang tidak sebanyak kandungan pada wortel. Akan tetapi kandungan vitamin A pada kemangi cukup untuk menjaga kesehatan mata.

Mencegah menopause dini. Kemangi merupakan salah satu tumbuhan yang mengandung triptofan. Manfaat dari triptofan yaitu untuk melawan dan mencegah terjadinya menopause dini pada wanita. Selain itu, triptofan pada kemangi juga berguna untuk mencegah serta menghambat kulit keriput dan membantu menghilangkan kulit mati.

Obat keputihan. Bagi wanita yang mengalami permasalahan pada organ intim seperti keputihan sebaiknya mengkonsumsi kemangi. Daun kemangi memiliki kandungan antibiotik alami yang berguna untuk membunuh kuman dan bakteri penyebab keputihan. Selain itu, kemangi juga bermanfaat untuk mencegah aroma tidak sedap pada organ intim.

Menjaga kesehatan tulang. Manfaat daun kemangi yang selanjutnya yaitu untuk menjaga kesehatan tulang. kemangi mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tulang seperti posfor. Selain itu, kemangi juga mengandung memiliki kandungan magnesium yang bermanfaat dalam membantu pembentukan tulang dan melancarkan sirkulasi darah.

Berkhasiat untuk kesuburan sistem reproduksi. Kemangi ternyata bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan bagi. Kemangi mengandung arginin yang berguna untuk mencegah kemandulan dan meningkatkan kesuburan pria. Zat arginin berperan dalam mempertahankan dan memperpanjang masa hidup dari sperma.

Meningkatkan sistem imun. Kandungan vitamin C dan beta karoten yang terdapat pada daun kemangi berkhasiat untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah radikal bebas. Rutin mengkonsumsi kemangi sebagai lalapan akan membuat tubuh Anda selalu sehat.

Kemangi kaya kandungan antioksidan dan vitamin K. Kandungan flavonoid dan polifenol seperti vicenin dan orientin berguna sebagai antioksidan untuk melawan serta menangkal lipid oksidasi pada hati. Selain itu, kemangi memiliki kandungan vitamin K yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin K dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu mengaktifkan protein yang berguna dalam pertumbuhan jaringan seperti jaringan paru-paru dan tulang rawan pada bagian perut.

Related Posts

Share This