Dampak Positif Tidur Bersama Bayi

Tidur bersama bayi merupakan salah satu model pengasuhan pada malam hari yang bermanfaat bagi perkembangan bayi. Tidur bersama bayi mencerminkan sikap Anda sebagai orangtua yang mengerti dan menerima kebutuhan bayi. Bagi sebagian orang mungkin menganggap bahwa tidur bersama bayi adalah hal yang tidak perlu dilakukan. Akan tetapi perlu Anda ketahui bahwa tidur bersama bayi merupakan salah satu kegiatan yang akan memberikan dampak positif bagi Bunda dan perkembangan bayi.

Dampak Positif Tidur Bersama Bayi

  • Kualitas tidur bayi lebih baik

Tidur bersama bayi akan memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas tidur bayi. Hal ini karena bayi akan merasa lebih aman dan nyaman ketika berada disamping Anda. Bayi memiliki kemampuan dalam mengingat dan merasakan kehadiran orang yang menyayanginya. Kebiasaan tidur bersama tentunya sangat berdampak bagi kondisi psikologis bayi sehingga berpengaruh terhadap perkembangan bayi.

  • Bayi tidur lebih lelap

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa kebiasaan tidur bersama bayi akan berdampak positif bagi kualitas tidur bayi. Kehadiran Bunda disamping bayi akan membuat bayi lebih aman dan nyaman sehingga ketika terbangun maka bayi akan kembali tidur dengan lelap karena kehadiran Bunda akan membuatnya kembali tenang. Bayi akan mengenal Bunda sebagai orang yang menyayanginya sehingga hal ini yang membuat bayi kembali tidur lelap.

  • Memperbaiki kualitas tidur Bunda

Kebiasaan tidur bersama bayi akan membantu Bunda dalam memperbaiki kualitas tidur sepanjang malam. Kehadiran Bunda disamping bayi akan membuatnya tenang dan tidur nyenyak sehingga Bunda pun akan mempunyai waktu istirahat yang banyak. Hal ini tentunya akan memperbaiki kualitas tidur Bunda sepanjang malam setiap harinya.

  • Menstimulasi perkembangan bayi

Manfaat tidur bersama bayi yang selanjutnya yaitu memberikan stimulasi bagi tumbuh kembang bayi. Pertumbuhan pada umumnya berlangsung pada malam hari ketika tidur. Maka dari itu kualitas tidur sangat berpengaruh bagi perkembangan bayi. Kualitas tidur yang baik dipengaruhi oleh kondisi bayi yang tenang. Kehadiran Anda pada malam hari disamping bayi akan membuat bayi tertidur lelap sehingga hal ini yang memberikan dampak positif bagi perkembangan bayi.

  • Membentuk dan mempererat ikatan batin dengan bayi

Tidur bersama bayi sangat bermanfaat bagi Bunda yang memiliki masalah dalam hal mengawali kedekatan dengan bayi. Kedekatan dengan bayi bisasanya terhambat ketika Anda mengalami permasalahan seputar melahirkan seperti melahirkan bayin secara premature atau operasi caesar. Tidur bersama bayi akan merangsang produksi hormon-hormon keibuan sehingga mempererat hubungan batin antara Bunda dan bayi.

  • Proses penyusuan lebih mudah

Kegiatan tidur bersama bayi akan memudahkan Bunda dalam proses menyusui bayi. Ketika bayi tiba-tiba terbangun pada malam hari maka tidak perlu repot-repot untuk berjalan menuju tempat tidur bayi. Selain itu, Bunda yang tidur disamping bayi lebih tenang sehingga hormon yang berperan dalam menghasilkan air susu akan bekerja dengan lebih baik. Hal ini tentunya akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas ASI.

Related Posts

Share This