Dampak Negatif Mengkonsumsi Minuman Bersoda Bagi Kesehatan

Minuman bersoda adalah salah satu jenis produk minuman yang paling banyak digemari oleh orang dewasa bahkan anak-anak. Berbagai macam rasa dan sensasi menyegarkan dari minuman bersoda membuat banyak orang ketagihan sehingga mengkonsumsi soda sudah menjadi kebiasaan sehari-hari. Akan tetapi tanpa disadari kalau soda merupakan minuman yang tidak mengandung nutrisi dan bisa membahayakan kesehatan apabila terus menerus di konsumsi.

Minuman bersoda merupakan salah satu jenis minuman yang diproduksi dengan cara karbonisasi (mengabsorpsikan karbondioksida) ke dalam air. Oleh karena itu minuman yangmengandung soda tidak baik bagi kesehatan apabila dikonsumsi secara terus menerus.

Dampak Negatif Minuman Bersoda Bagi Kesehatan

Berikut Ini Dampak Negatif Mengkonsumsi Minuman Bersoda Bagi Kesehatan

  • Mengkonsumsi soda meningkatkan resiko penyakit diabetes. Minuman bersoda mengandung kadar gula yang sangat tinggi sehingga tidak baik untuk kesehatan dan beresiko mengakibatkan penyakit diabetes. Oleh karena itu bagi Anda yang mempunyai kebiasaan mengkonsumsi minuman bersoda sebaiknya merubah kebiasaan tersebut supaya terhindar dari resiko penyakit diabetes.
  • Meningkatkan resiko penyakit jantung. Kebiasaan mengkonsumsi minuman bersoda akan berdampak negative bagi kesehatan, terutama kesehatan jantung. Menurut sebuah riset bahwa orang yang mempunyai gaya hidup mengkonsumsi soda setiap hari sangat beresiko dua kali lebih besar terkena serangan jantung bila dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsi soda.
  • Mengkonsumsi soda berdampak negatif terhadap berat badan. Minuman bersoda mengandung kadar kalori yang sangat tinggi sehingga beresiko meningkatkan berat badan dan menyebabkan obesitas.
  • Meningkatkan resiko penyakit batu ginjal. Mengkonsumsi minuman bersoda bisa menyebabkan ketidakseimbangan kandungan asam dan mineral di dalam tubuh. Selain itu mengkonsumsi soda meningkatkan resiko penyakit batu ginjal karena soda mengandung asam posfat dengan kadar yang tinggi yang dapat mempengaruhi batu ginjal dan menyerap kalsium dari dalam tulang.
  • Menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan. Minuman bersoda bisa berdampak buruk bagi kesehatan pencernaan karena soda mengandung asam posfat yang akan bercampur dengan asam klorida di dalam pencernaan sehingga mengakibatkan komplikasi pada sistem pencernaan.
  • Minuman bersoda bisa menyebabkan dehidrasi. Minuman bersoda mengandung kadar gula yang tinggi dan kafein. Kedua unsur tersebut bisa menyebabkan tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi akibat dari zat kafein yang bersifat diuretik akan menghambat penyerapan air di dalam sistem pencernaan.
  • Meningkatkan resiko osteoporosis. kandungan posfor dalam minuman bersoda ternyata bisa menyebabkan kepadatan tulang menjadi berkurang sehingga akan berakibat osteoporosis. Mengkonsumsi soda secara terus menerus akan membuat tulang rapuh dan bolong-bolong seperti pori-pori sehingga lama kelamaan akan beresiko patah tulang.
  • Menyebabkan penuaan dini. Minuman bersoda bisa menyebabkan pH di dalam tubuh menurun sehingga hal ini akan membuat kulit lebih cepat keriput dan terjadi penuaan dini. Kulit akan terlihat kusam dan mudah berjerawat.

Itulah beberapa dampak negatif dari kebiasaan mengkonsumsi minuman bersoda. Bagi Anda yang peduli terhadap kesehatan tubuh sebaiknya mengurangi atau menghentikan kebiasaan tersebut.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517