Dahsyatnya Manfaat Sawi Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat sawi. Sesungguhnya jenis-jenis sayuran hijau memiliki kandungan vitamin A, karotenoid, vitamin K dan flavonoid yang jauh lebih banyak jika di bandingkan dengan buah-buhan atau jenis sayuran lainnya yang umumnya banyak di konsumsi oleh masyarakat banyak. Dan sawi hijau termasuk kedalam golongan jenis sayuran yang memiliki nilai gizi yang baik. Sawi merupakan gudang fitonutrien yang mana memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk kesehatan, bahkan bermanfaat dalam pencegahan penyakit.

Di balik bentuknya yang yang memang terlihat seperti biasa, ternyata sayur sawi ini memiliki manfaat yang sangat dahsyat untuk kesehatan. Dan manfaat sawi yang sangat luar biasa ini diantaranya yaitu:

1. Sawi memilki kandungan vitamin C lebih banyak dari jeruk

Penting untuk Anda ketahui, bahwa satu cangkir irisan sawi memiliki kandungan vitamin C sebanyak 134% yang mampu memenuhi kebutuhan harian Anda, sedangkan untuk buah jeruk medium hanya memiliki kandungan vitamin C sebanyak 113%. Apalagi satu cangkir sawi hanya memiliki berat 67 gr, sedangkan jeruk dengan ukuran medium memiliki berat 131 gr, itu artinya sawi memiliki kandungan vitamin C dua kali lebih banyak jika di bandingkan dengan jeruk.

2. Mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan meningkatkan kesehatan jantung

Sawi juga merupakan salah satu sumber alfa-linoleat, asam lemak omega-3 yang mana sangat penting untuk kesehatan otak, mampu mengurangi resiko diabetes tipe dua bahkan mampu meningkatkan kesehatan jantung Anda

3. Membantu memerangi peradangan dan mencegah pembentukan plak di arteri

Sawi sendiri memiliki kandungan fitonutrien, quercetin yang bisa membantu Anda dalam memerangi peradangan serta mencegah terjadinya pembentukan plak di sekitar arteri juga sulforaphane, yakni senyawa yang mampu melawan kanker.

4. Cocok untuk makanan diet

Sawi juga memiliki kandungan kalori juga lemak yang sangat rendah, namun kaya akan kandungan serat. Maka dari itu, jenis sayuran ini sangat dianjurkan untuk di konsumsi Anda yang tengah menjalankan program diet.

5. Sumber antioksidan

Sawi yang masih segar merupakan sumber dari beberapa anti-oksidan juga mineral seperti vitamin C, vitamin A, vitamin E, karoten juga beberapa kandungan mineral penting lainnya seperti kalsium, zat besi, magnesium, kalium, seng, selenium juga mangan.

6. Manfaat sawi untuk pasien penyakit Alzheimer

Kandungan vitamin K yang ada pada sawi juga berperan untuk membantu fungsi masa tulang dengan cara mengembangkan aktivitas osteotrofik pada tulang. Di samping itu, hal ini juga sangat bermanfaat untuk pasien yang menderita penyakit alzheimer dengan cara membatasi kerusakan saraf pada otak.

7. Mencegah cacat tabung saraf pada bayi

Daun sawi ini juga merupakan salah satu sumber folat yang sangat baik. Vitamin yang larut di dalam air ini memiliki peranan yang cukup penting guna sintesis DNA, dan ketika di konsumsi sebelum dan di awal kehamilan, maka bisa mencegah terjadinya cacat tabung saraf pada bayi.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517