Daftar Sayuran Yang Baik Untuk Bayi Dalam Masa Pertumbuhan

Sayuran merupakan salah satu makanan padat yang dianjurkan untuk diperkenalkan pertama kali pada bayi. Hal ini bertujuan supaya si kecil terbiasa dan menyukai sayuran. Seperti yang kita ketahui bahwa anak-anak cenderung tidak menyukai sayuran karena rasanya yang hambar. Oleh karena itu Anda harus mengajarkan kebiasaan makan sayur pada anak sejak dini. Sayuran memiliki kandungan nutrisi yang sangat melimpah untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

Sayuran untuk bayi bisa Anda berikan dengan cara dihaluskan menjadi bubur sehingga lebih mudah untuk dicerna. Dalam memperkenalkan sayuran pada bayi, Anda harus melakukannya secara bertahap dan perlahan. Selain itu, Anda juga harus memberikan sayuran tersebut dalam porsi yang sesuai  dan jangan berlebihan. Perhatikan juga unsur kebersihan dari makanan tersebut karena seperti yang kita ketahui bahwa bayi masih sangat sensitif dan rentan mengalami gangguan pencernaan.

Daftar Sayuran Yang Baik Untuk Bayi

  1. Bayam

Sayuran yang baik untuk bayi salah satunya yaitu bayam. Sayuran jenis ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat berlimpah seperti zat besi, vitamin A, kalsium, mineral dan asam folat. Kandungan nutrisi tersebut sangat berguna untuk mengoptimalkan perkembangan dan pembentukan otak bayi. Selain itu, dengan memberikan bayam untuk bayi maka sangat bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah penyakit anemia dan menjaga kesehatan sistem pencernaan bayi. Bayam bisa Anda berikan dengan cara dihaluskan dan dicampur dengan bubur.

  1. Brokoli

Brokoli memiliki tekstur yang lumayan keras sehingga harus diolah terlebih dahulu sebelum diberikan pada bayi. Caranya sangat mudah yaitu dengan cara di kukus sampai benar-benar lunak kemudian dihaluskan menggunakan blender, disaring dan dicampurkan dengan bubur. Brokoli sangat kaya akan kandungan nutrisi seperti asam folat, vitamin, mineral dan sulforatan sebagai zat antioksidan untuk mencegah penyakit kanker.

  1. Tomat

Jenis sayuran yang satu ini sangat kaya akan kandungan likopen sebagai antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, tomat juga mengandung vitamin C dalam jumlah yang cukup tinggi. Untuk memudahkan si kecil dalam menelan dan mencerna sayuran tersebut, sebaiknya Anda memberikan tomat dalam bentuk jus.

  1. Wortel

Sumber makanan yang satu ini tidak perlu diragukan lagi karena memiliki banyak nutrisi untuk mengoptimalkan perkembangan si kecil. Wortel mengandung vitamin A yang berguna untuk menjaga kesehatan mata si kecil. Selain itu wortel juga mengandung serat, posfor, kalsium dan vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh si kecil. Wortel yang Anda berikan untuk si kecil harus di kukus terlebih dahulu kemudian dihaluskan dengan blender supaya teksturnya benar-benar lembut.

  1. Seledri

Banyak orang yang tidak mengetahui manfaat dari sayuran yang satu ini. Seledri memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat berguna untuk perkembangan bayi. Seledri bisa Anda berikan pada bayi dengan cara dicampurkan ke dalam bubur.

Nah, itulah daftar beberapa jenis sayuran yang baik untuk bayi dalam melengkapi kebutuhan nutrisi untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Ahli kesehatan anak menyarankan bagi para orangtua untuk memperkenalkan sayuran terlebih dahulu daripada buah-buahan. Tujuannya yaitu untuk membuat si kecil terbiasa dengan rasa hambar dari sayuran sehingga perlahan-lahan akan menyukai makanan tersebut. Hal ini mengingat sayuran memiliki banyak nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517