Daftar Pekerjaan Rumah Yang Harus dihindari Oleh Ibu Hamil

Kehamilan merupakan salah satu periode (fase) terbaik dalam kehidupan wanita. Ibu hamil harus menjaga kesehatan selama hamil supaya perkembangan janin di dalam kandungan tidak akan terganggu. Pada waktu hamil tidak dianjurkan melakukan aktivitas berat yang berbahaya bagi kehamilan. Ibu hamil harus menjaga kondisi tubuhnya agar tetap sehat dan bugar.

Aktivitas yang dilakukan pada waktu hamil akan berpengaruh terhadap kesehatan ibu dan perkembangan janin di dalam kandungan. Oleh karena itu, ibu hamil tidak dianjurkan untuk melakukan aktivitas berat yang bisa membahayakan kehamilan. Salah satunya yaitu melakukan pekerjaan rumah yang berbahaya dan bisa menyebabkan kelelahan. Ada beberapa jenis pekerjaan rumah yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil karena bisa membhayakan kehamilan.

Daftar Pekerjaan Rumah Yang Harus dihindari Oleh Ibu Hamil

Ibu hamil dilarang mengangkat beban berat (Memindahkan perabotan)

Melakukan pekerjaan rumah pada waktu hamil sebenarnya bukan merupakan larangan yang bersifat permanen. Pada waktu hamil tidak dilarang untuk mengerjakan pekerjaan rumah dengan catatan jangan sampai ibu hamil mengalami kelelahan karena bisa membahayakan kesehatan janin.

Pekerjaan rumah yang tidak dianjurkan untuk dilakukan oleh ibu hamil yaitu mengangkat beban yang berat. Wanita biasanya mempunyai kebiasaan merapihkan dan memindahkan perabotan. Pada waktu hamil kegiatan tersebut masih bisa dilakukan asalkan perabotan yang dipindahkan bukan jenis perabotan yang berat. Mengangkat beban berat pada waktu hamil bisa menyebabkan cedera punggung dan kontraksi sebelum waktunya yang bisa berakibat keguguran atau bayi terlahir prematur.

Mengangkat beban berat pada waktu hamil akan memberikan tekanan pada perut sehingga bisa menyebabkan kontraksi. Oleh karena itu ibu hamil sebaiknya tidak melakukan aktivitas tersebut selama kehamilan karena sangat berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan janin.

Ibu hamil tidak dianjurkan untuk mempolitur perabotan (mengecat)

Cat mengandung bahan kimia yang bisa berbahaya bagi kesehatan janin. Ibu hamil sebaiknya menghindari kontak langsung dengan benda tersebut karena berbahaya bagi perkembangan janin. Oleh karena itu sangat tidak dianjurkan bagi ibu hamil untuk mengecat ataupun mempolitur perabotan rumah tangga selama masa kehamilan. Alangkah lebih baiknya kalau kegiatan tersebut ditunda sampai bayi Anda lahir.

Mengepel lantai

Mengepel lantai merupakan salah satu pekerjaan rumah yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Pada waktu mengepel biasanya posisi tubuh akan condong ke depan sehingga aktivitas tersebut bisa menyebabkan linu pada bagian pinggul dan terjadinya peradangan pada saraf siatik. Selain itu, aktivitas ini bisa membahayakan kehamilan karena posisi pada waktu mengepel bisa memberikan tekanan terhadap janin.

Ibu hamil sebaiknya tidak menggunakan obat semprot

Ibu hamil tidak diperkenankan kontak langsung dan menggunakan obat semprot seperti pembunuh serangga. Hal ini karena produk tersebut mengandung zat kimia berbahaya seperti pestisida. Seperti yang kita ketahui kalau pestisida merupakan salah satu zat kimia yang sangat berbahaya bagi manusia, apalagi bagi ibu hamil. Apabila zat kimia berbahaya tersebut terhirup maka akan membahayakan kesehatan janin di dalam kandungan serta bisa mengakibatkan cacat pada janin. Selain obat pembunuh serangga, ibu hamil juga sebaiknya menghindari produk pembersih lantai atau produk pembersih lain yang mengandung zat kimia berbahaya.

Hindari kegiatan membersihkan tempat sampah atau kandang binatang peliharaan

Kegiatan selanjutnya yang harus dihindari oleh ibu hamil yaitu bersentuhan dengan tempat kotor atau membersihkan kandang hewan peliharaan. Aktivitas tersebut sangat beresiko mengakibatkan taksoplasmosis. Infeksi ini berbahaya bagi janin karena menyebabkan kerusakan pada sistem saraf dan otak.

Melakukan pekerjaan rumah tangga bukan hal yang mutlak dilarang pada waktu hamil. Akan tetapi ibu hamil harus cerdas dalam melakukan pekerjaan tersebut supaya tidak menyebabkan kelelahan dan membahayakan kesehatan janin di dalam kandungan. Ibu hamil harus memilih jenis pekerjaan rumah tangga yang aman dan bisa dikerjakan pada waktu hamil.

Related Posts

Share This