Daftar Pantangan Penyakit Asma Yang Perlu Anda Ketahui!

Asma merupakan salah satu jenis penyakit yang paling banyak menyerang masyarakat. Penyakit ini mengalami peningkatan setiap tahunnya. Dari sekian banyak penderita asma di Negri ini, sekitar 2 juta orang memerlukan penanganan yang lebih serius. Untuk meminimalisir penyakit asma, sebaiknya penderita mematuhi anjuran dokter dan tentunya menjauhi pantangan penyakit asma.

Penyakit asma yang menyerang bisa melalui beberapa tahapan dimulai dari kondisi yang ringan hingga kondisi parah yang sangat membahayakan. Bahkan pada kondisi yang lebih parah sangat beresiko menyebabkan kematian. Maka dari itu, penyakit ini tidak boleh dianggap sepele dan harus ditangani dengan benar.

Salah satu cara terbaik untuk menghindari penyakit asma yaitu dengan menghindari segala macam faktor penyebabnya. Lalu apa saja pantangan yang sebaiknya dihindari bagi penderita asma? Berikut ini ulasan lengkap mengenai hal tersebut!

  1. Konsumsi Aspirin

Salah satu pantangan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asma yaitu konsumsi aspirin. Perlu Anda ketahui bahwa konsumsi aspirin dalam jangka waktu panjang bisa memicu penyakit asma semakin parah. Dalam hal ini sebaiknya penderita asma tidak boleh sembarangan untuk mengkonsumsi obat-obatan tanpa resep dari dokter.

Jika saja penderita asma membutuhkan obat-obatan tersebut maka harus sesuai dengan anjuran dari dokter. Obat aspirin memiliki efek samping yang sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh penderita asma. Maka sebaiknya jauhi dan jangan sembarangan untuk mengkonsumsinya jika tidak menginginkan hal buruk terjadi.

  1. Garam

Selanjutnya yang menjadi pantangan bagi penderita asma yaitu garam. Perlu Anda ketahui bahwa garam merupakan salah satu bumbu masakan yang bisa memicu penyakit asma berkambang menjadi lebih parah. Maka dari itu sebaiknya penderita asma menghindari jenis makanan dengan kadar garam tinggi.

  1. Tekanan Emosi

Stres bisa memicu emosi yang kuat sehingga hal ini beresiko menyebabkan penyakit asma berkembang menjadi lebih parah. Emosi tinggi akan memicu tekanan jantung sehingga berdampak terhadap perubahan pola pernafasan sehingga pada akhirnya memicu serangan asma yang lebih parah.

  1. Makanan Pemicu Alergi

Pemeriksaan kesehatan bagi penderita asma sangatlah penting. Dalam hal ini diperlukan pengetahuan mengenai Jenis makanan yang bisa memicu alergi. Sebab tidak bisa dipungkiri bahwa alergi bisa menjadi salah satu penyebab dan memperparah penyakit asma. Jenis makanan yang sebaiknya dibatasi yaitu yang memiliki kandungan protein tinggi seperti gandum, kedelai, ikan, susu, kacang dan makanan jenis lain yang beresiko mengandung bahan kimia.

Dalam upaya mencegah penyakit asma, sebaiknya Anda menerapkan pola hidup sehat dan menghindari beberapa hal yang bisa memicu penyakit tersebut semakin parah seperti kebiasaan merokok atau mengkonsumsi obat tanpa resep dari dokter.

Penyakit asma akan menjadi salah satu gangguan kesehatan berbahaya yang tidak bisa dianggap sepele sebab beresiko tinggi. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517